Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of DISERTASI: EFEKTIVITAS  PEMBELAJARAN  AL-ISLAM  DAN  KEMUHAMMADIYAHAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN AJARAN ISLAM MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PARE-PARE
Penanda Bagikan

Text

DISERTASI: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN AJARAN ISLAM MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PARE-PARE

M.Nasir Maidin - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk 1)mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran AIK di Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR). 2)mengetahui efektivitas pembelajaran AIK dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam mahasiswa UMPAR. 3)mengetahui ada atau tidak ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK), dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam antara mahasiswa kelas eksprimen dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan mahasiswa kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, 4)mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan mahasiswa terhadap ajaran Islam daripada model pembelajaran konnvensional.
Penelitian ini adalah penelitian eksprimen dengan design control group pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Fakultas Ekonomi sebagai kelas eksprimen dan mahasiswa semester IV Fakultas Ilmu Kesehatan sebagai kelas kontrol. Penetapan semester IV dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan menetapkan masing-masing dua kelas dari empat kelas yang ada, yaitu kelas IVa dan IVb dengan sampel masing-masing 40 orang untuk kelas eksprimen dan 40 orang untuk kelas kontrol. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t di mana sebelumnya dilakukan uji prasyarat, yaitu ujian normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)pelaksanaan pembelajaran AIK di UMPAR berjalan dengan baik meskipun belum mengikuti persyaratan yang
diperlukan dalam proses pelaksanaan pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran AIK efektif meningkatkan pemahaman mahasiswa tetapi belun efektif dalam meningkatkan pengamalan ajaran Islam sesuai dasar agama yaitu al-Qur’an dan al-Sunnah. 3)Nilai rata-rata gain pemahaman ajaran Islam kelompok eksprimen sebesar 0,56, ini berarti hasil postest pemahaman ajaran Islam kelas eksprimen 55,6% lebih besar dari hasil pretes, dan nilai rata-rata gain pemahaman ajaran Islam kelas kontrol = 0,186. Jadi hasil postest pemahaman ajaran Islam kelas kontrol sebesar 18,6 % lebih besar dari hasil pretest. Sementara hasil pengujian t.hitung (8,861) lebih besar t.tabel ¬(1,645). Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada gain pemahaman ajaran Isam antara kelas eksprimen dan kelas kontrol. Hasil pengujian menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman ajaran Islam mahasiswa kelas eksprimen lebih baik dibanding kelas kontrol. 4)Nilai rata-rata gain pengamalan ajaran Islam kelas eksprimen 0,500. Ini berarti hasil postes pengamalan ajatran Islam kelompok eksprimen sebesar 50,0% lebih besar dari pretas. Sedangkan nilai rata-rata gain pengamalan ajaran Islam kelas kontrol = 0,310. Ini berarti hasil postes pengamalan ajaran Islam kelas kontrol sebesar 31,0% lebih besar dari pretes. Sementara hasil pengujian t.hitung (4.305) lebih besar dari t.tabel (1,645) Hasil pengujian menunjukkan peningkatan pengamalan ajaran Islam mahasiswa kelas eksprimen lebih baik dari kelas kontrol.
Implikasi penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) dalam proses pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan pada Universitas Muhammadiyah parepare (UMPAR), dapat meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam di kalangan mahasiswa.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 2X7.3 MNA e
80100308084
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3 MNA e
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2014
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
pendidikan islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?