Text
TESIS: Pengaruh Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Guru PAI Di SMP Negeri 1 Pallangga Kab Gowa
Masalah pokok penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kompetensi professional guru terhadap peningkatan kinerja guru PAI di SMP Negeri 1 Pallangga Kab.Gowa. pokok masalah tersebut kemudian diturunkan dalam submasaah atau pertanyaan penelitian,yaitu; 1) Bagaimanakah gambaran kompetensi professional dan motivasi kerja guru terhadap peningkatan kinerja guru PAI di SMP Negeri 1 Pallangga Kab.Gowa, 2) 1) Bagaimanakah gambaran motivasi kerja guru terhadap peningkatan kinerja guru PAI di SMP Negeri 1 Pallangga Kab.Gowa?, 3) Bagaimana gambaran kinerja guru PAI di SMP Negeri 1 Pallangga Kab Gowa, 4) Apakah terdapat pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Pallangga Kab. Gowa?, 5) Apakah terdapat pengaruh motivasi trhadap peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 1 Pallangga Kab. Gowa?, 6) Apakah terdapat pengaruh kompetensi profesional dan motivasi kerja bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Pallangga Kab. Gowa?
Jenis Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan analaisis deskriptif dan imperinsial kategori “expost-facto”. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah seluruh guru PAI yang ada di SMP Negeri 1 Pallangga kabupaten Gowa yang berjumlah 10 orang. .Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh sebanyak 10 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penetian ini adalah kuesioner/ angket, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif ditemukan bahwa kompetensi professional guru PAI di SMP Negeri 1 Pallangga Kab Gowa masuk dalam kategori sedang,motivasi kerja masuk dalam kategori rendah, kinerja berada pada kategori sedang. Kemudian uji pengaruh secara parsial menunjukkan bahwa komptensi professional tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru PAI dengan nilai t hitung sebesar 0,267 lebih kecil dari ttabel sebesar 0,872 dan sig 0,412 lebih besar dari 0,05.variabel motivasi juga tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai thitung sebesar 0,218 lebih kecil dari ttabel 0,543 dengan sig 0,604 lebih besar dari 0,005. Kemudian hasil uji f atau pengaruh secara bersama-sama antara kompetensi professional dan motivasi kerja terhadap peningkatan kinerja guru PAI di SMP Negeri 1 Pallangga Fhitung sebesar 6, 833 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,64 dan sig (p) 0,023 lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh signifikan kompetensi professional dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru PAI di SMPNegeri 1 Pallangga
Implikasi penelitian ini bahwa kompetensi dan motivasi secara parsial tidak memberikan pengaruh signifikan terhapad kinerja guru.hal menunjukkan perlu adanya peningkatan kedua variable tersebut agar dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja guru PAI di SMP Negeri 1 Pallangga Kab Gowa. Kemudian secara bersama-sama variabel kompetensi dan motivasi memiliki pengarubh ruh signifikan terhadap kinerja guru PAI di SMP NEegeri 1 Pallangga Kab, Gowa. Dengan demikian untuk mencapai peningkatan kinerja secara maksimal pada dua variable bebas tersebut prlu ditingkatkan secara bersama-sama.
Tidak tersedia versi lain