Text
DISERTASI: Bimbingan Konseling Akademik dan Keagamaan dalam Membangun Karakter Peserta Didik pada SMA Negeri di Kota Palopo
Disertasi ini berjudul Bimbingan Konseling Akademik dan Keagamaan dalam Membangun Karakter
Peserta Didik pada SMA Negeri di Kota Palopo. Masalah pokok yang dibahas adalah bagaimana pelaksanaan
bimbingan konseling (BK) akademik dan keagamaan dalam membentuk karakter siswa pada SMA Negeri di
Kota Palopo. Pokok masalah ini dirumuskan dalam beberapa sub masalah, yaitu: (1) Bagaimana proses
pelaksanaan bimbingan dan konseling Akademik dan keagamaan dalam membangun karakter peserta didik pada
SMA Negeri di Kota Palopo? (2) Apakah faktor pendukung dan penghambat dari bimbingan dan konseling
akademik dan keagamaan dalam membangun karakter peserta didik pada SMA Negeri di Kota Palopo? (3)
Apakah solusi yang diberikan oleh guru BK dalam melaksanakan bimbingan dan konseling akademik dan
keagamaan dalam membangun karakter peserta didik pada SMA Negeri di Kota Palopo?
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang kajiannya bersifat kualitatif-verifikatif untuk
mengungkap makna yang ada di balik fenomena realita sosial BK baik akademik maupun keagamaan yang ada
pada sekolah Negeri di Kota palopo. Dalam upaya memahami makna dari suatu peristiwa atau fenomena yang
saling berpengaruh dengan pelaku dalam situasi tertentu baik dalam pelaksanaan, faktor pendukung dan
penghambat serta solusi dalam penanganan BK pada Sekolah Negeri di Kota Palopo. Metode pengumpulan data
yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan logika induktif, dimana silogisme dibangun
berdasarkan pada hal-hal khusus atau data di lapangan dan bermuara pada kesimpulan –kesimpulan umum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pelaksanaan bimbingan dan konseling Akademik dan
keagamaan dalam membangun karakter peserta didik pada SMA Negeri di Kota Palopo belum berjalan secara
optimal. Layanan BK akademik dan keagamaan memiliki sejumlah kelemahan yaitu: (a) perencanaan baru
sebatas penjadualan kegiatan serta belum dibuat khusus dan detail berdasarkan analisis kebutuhan; (b)
pembinaan dan pendampingan belum optimal dan belum fokus pada kebutuhan peserta didik; (c) kurangnya
pemahaman guru BK terhadap bentuk layanan bimbingan konseling. (2) Faktor pendukung dan penghambat dari
bimbingan dan konseling akademik dan keagamaan dalam membangun karakter peserta didik pada SMA Negeri
di Kota Palopo terdiri dari faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal terdiri dari (a) lingkungan fisik
dan tempat wawancara berlangsung; (b) penataan ruangan; (c) bentuk bangunan ruang (privacy); (d)
pembicaraan; (e) konselor berpakaian rapai; (f) kerapian dalam menata barang-barang yang terdapat di ruang dan
di atas meja konselor; (g) penggunaan sistem janji; (h) konselor menyisihkan berbagai barang yang ada di atas
meja saat berwawancara dengan konseli; (i) konselor tidak memasang rekaman atas pembicaraannya dengan
konseli baik berupa rekaman radio ataupun video. Adapun faktor internal terdiri dari (a) dari pihak konseli
diantaranya konseli harus termotivasi untuk mencari penyelesaian terhadap masalah yang sedang dihadapi,
konseli harus mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan apa yang diputuskan dalam proses konseling;
konseli harus mempunyai keberanian dan kemampuan untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya serta
masalah yang sedang dihadapi; (b) dari pihak konselor diantaranya kemampuan mengenal diri sendiri,
kemampuan memahami orang lain, kemampuan berkomunikasi dengan orang lain. (3) Solusi yang diberikan
dalam melaksanakan bimbingan dan konseling akademik dan keagamaan dalam membangun karakter peserta
didik pada SMA Negeri di Kota Palopo diantaranya melalui PIK-R; melalui kegiatan ekstrakurikuler dan melalui
pola 17+.
Secara teoritis, penelitian ini berimplikasi pada perbaikan layanan bimbingan konseling dengan
mengoptimalkan layanan BK, layanan PIK-R, kegiatan ekstrakurikuler. Secara teoritis, penelitian ini
berimplikasi pada penolakan terhadap persepsi yang menyatakan bahwa layanan BK sudah cukup memadai
dilakukan hanya dengan pendampingan oleh guru bidang studi dan guru BK sendiri.
Tidak tersedia versi lain