Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN
EMEYODERE SORONG PAPUA
Penanda Bagikan

Text

TESIS: MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN EMEYODERE SORONG PAPUA

ABDUL SAMAD NGODIHU - Nama Orang;

Pokok masalah tesis ini adalah bagaimana Manajemen Kurikulum Pondok
Pesantren Emeyodere Sorong Papua. yang menjadi tujuan penelitian ini adalah, 1)
Untuk mengkaji penerapan manajemen kurikulum Pondok Pesantren Emeyodere
Sorong Papua, 2) Menggambarkan upaya penerapan manajemen kurikulum di
Pondok Pesantren Emeyodere Sorong Papua., 3) Mengungkap hasil pelaksanaan
manajemen kurikulum pondok pesantren Emeyodere Sorong Papua.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan
metodologi yaitu fenomenologi sedangkan pendekatan keilmuan meliputi pedagogik,
yurudis formal, psikologis dan sosiologis Sumber data penelitian ini terdiri dari
kepala madrasah dan guru-guru, di lingkungan Pondok Pesantren Emeyodere
Sorong Papua sebagai informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan, instrumen wawancara, observasi partisipatif, dokumentasi, dan
penelusuran referensi. Teknik analisis/pengolahan data data kualitatif menggunakan
3 tahapan yaitu 1) reduksi data, 2) display data, dan 3) verifikasi data.
Hasil penelitian yaitu Pertama, Penerapan kurikulum Pondok Pesantren
Emeyodere Sorong Papua pada dasarnya tidak bisa lepas dari visi pembangunan
nasional yang berupaya menyelamatkan dan memperbaiki kehidupan nasional yang
tertera dalam GBHN. Oleh karena itu penerapan kurikulum pondok pesantren
Emeyodere Sorong Papua harus mampu mengakomodasikan tuntutan-tuntutan
secara konseptual., Kedua, upaya pelaksanaan kurikulum Pondok Pesantren
Emeyodere Sorong Papua pada dasarnya merupakan seperangkat perencanaan dan
media untuk mengantarkan lembaga pendidikan dalam mewujudkan tujuan yang
diinginkan. Pelaksanaan manajemen kurikulum 2013 pada pondok pesantren
Emeyodere Sorong Papua menjadi sebuah keharusan, dalam hasil observasi penulis
bahwa pedoman dalam pelaksanaan kegiatan penyelengaraan pendidikan yang
dilakukan adalah sebagai berikut: pertama, mengidentifikasi dan mengklasifikasikan
perubahan tingkah laku dan keperibadian yang diharapkan dari peserta didik. kedua,
Memilih cara pendekatan yang paling efektif dan tepat, dan ketiga Hasil pelaksanaan
manajemen kurikulum pada Pondok Pesantren Emeyodere Sorong Papua sangat
terkait dengan tiga hal, yaitu: Tahapan mengajar, Penggunaan metode dan pendekatan
dalam mengajar, Penggunaan prinsip mengajar sehingga santri nantinya memiliki
paradigm keilmuan yang matang dan nilai-nilai karakter yang baikx
Implikasi penelitian ini yaitu Guru perlu meningkatkan kemampuannya dalam
memahami kurikulum 2013, karena salah satu indikator guru professional adalah
dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya. Selain itu, guru jangan
merasa segan untuk bertanya kepada teman sejawat atau orang yang dianggap
memiliki pengetahuan yang lebih terkait penerapan kurikulum 2013 dan Perlu adanya
kerjasama dengan penerbit buku agar kebutuhan buku pelajaran yang berbasis
kurikulum 2013 dapat terpenuhi terutama pelajaran yang belum ada buku berbasis
2013.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 372 ABD m
80300215042
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
372 ABD m
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Manajemen
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?