Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of DISERTASI: PENDIDIKAN KARAKTER 
DI MADRASAH ALIYAH NEGERI INSAN CENDEKIA
 GORONTALO
Penanda Bagikan

Text

DISERTASI: PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH NEGERI INSAN CENDEKIA GORONTALO

IMAS BAGUNA - Nama Orang;

Pokok masalah pada disertasi ini adalah pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gorontalo. Sub masalah yaitu: bagaimana urgensi pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gorontalo? Bagai-mana bentuk-bentuk pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gorontalo? Bagaimana faktor pendukung dan penghambat serta solusi pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gorontalo.
Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif yakni mendeskripsikan hasil penelitian secara verbal, tanpa menggunakan prosedur statistik. Sedangkan pen-dekatan penelitian adalah pendekatan teologis normatif, pedagogis, psikologis, sosio-kultural, dan pendekatan manajemen. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari informan, yaitu kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, pembina asrama, serta peserta didik. Data sekunder, yaitu data yang diambil dari berbagai dokumen yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan doku-mentasi. Selanjutnya menganalisisnya berdasarkan pengorganisasian data, reduksi data, dan penafsiran data.
Hasil penelitian menunjukkan, pertama pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gorontalo sangat urgen dalam membangun karakter peserta didik, baik dalam proses pembelajaran maupun pada kegiatan keasramahan, sebab dengan pendidikan karakter yang multikultural tersebut mampu menciptakan kader-kader pemimpin yang berakhlak mulia serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, bentuk pelaksanaan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gorontalo sangat menunjang keberhasilan dalam membangun karakter yang multikultural bagi peserta didik, baik dalam proses pembelajaran maupun pada kegiatan keasramahan, sebab tenaga pendidik dan peserta didik berasal dari berbagai daerah dengan kultur yang berbeda. Dari temuan di lapangan terungkap bahwa pendidikan multikultural berhasil diterapkan di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gorontalo. Hal ini dibuktikan dengan berbagai prestasi yang telah dicapai baik dalam bidang akademik maupun non akademik, terutama hasil ujian nasional yang setiap tahun meningkat. Ketiga, Faktor pendukung keberhasilan pendidikan karakter yang multikultural sangat menunjang, terutama dari sisi tenaga pendidik dan kependidikan, saran prasarana, serta lingkungan madrasah yang kondusif. Adapun faktor penghambat dari pada pelaksanaan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gorontalo, selain peserta didik yang berasal dari daerah dengan kultur yang berbeda juga termasuk tenaga pendidik yang kurang memahami pelaksanaan pendidikan karakter terutama dari sisi keteladanan. Maka solusinya adalah perlu adanya kerja sama yang baik antara pimpinan madrasah dengan tenaga pendidik serta pendampingan selama 24 jam kepada peserta didik untuk mendapatkan kurikulum yang disesuaikan dengan kegiatan keasramahan.
Implikasi penelitian adalah: (1) hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk kepentingan ilmiah menyangkut pengembangan pendidikan karakter pada madrasah, dengan pendidikan multikultural yang lebih humanis. (2) Penelitian ini sebagai bentuk rekomendasi kepada Kementerian Agama untuk dapat mengupayakan pengem¬¬¬bangan pendidikan karakter pada seluruh madrasah dengan model pendidikan karakter multikultural, namun dengan tetap mempertahankan budaya yang berakar dari nilai-nilai karakter yang dikembangkan madrasah. Sehingga pendidikan tampil sebagi solutif bagi pengembangan regenerasi masa depan. (3) Sebagai masukan pada Madrasah Aliyah Negeri Cendekia Gorontalo untuk mampu meminimalisir faktor penghambat pendidikan karakter sehingga implementasi nilai-nilai karakter berjalan dengan baik dan menghasilkan anak-anak bangsa yang berkarakter, berperi¬laku yang baik dan berakhlak mulia.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 370 IMA p
80100310089
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370 IMA p
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
370
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?