Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of DISERTASI: Pola Pemikiran K.H. Abd. Rahman Ambo Dalle dan
Implementasinya Tentang Manajemen Pendidikan Islam
Dalam Lingkungan Darud Da’wah Wal-Irsyad (DDI)
Penanda Bagikan

Text

DISERTASI: Pola Pemikiran K.H. Abd. Rahman Ambo Dalle dan Implementasinya Tentang Manajemen Pendidikan Islam Dalam Lingkungan Darud Da’wah Wal-Irsyad (DDI)

Muh. Yunus Shamad - Nama Orang;

Disertasi ini membahas tentang Pola Pemikiran K.H. Abd. Rahman Ambo
Dalle dan Implementasinya Tentang Manajemen Pendidikan Islam Dalam
Lingkungan DDI. Tujuan penyusunan disertasi ini adalah untuk mengetahui dan
mendapatkan gambaran tentang pola pemikiran K.H. Abd. Rahman Ambo Dalle
dalam memimpin dan menata organisasi DDI yang didalammya membina dan
menyelenggarakan pendidikan pondok pesantren serta lembaga-lembaga madrasah
dan sekolah mulai dari tingkat RA sampai pada tingkat MA dan Sekolah Kejuruan
(SMK) serta Perguruan Tinggi.
Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriftif dengan jenis
penelitian kualitatif. Teknik pengumpulam data dilakukan dengan menggunakan
instrumen berupa, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sasaran penelitian
adalah para pejabat dan mantan pejabat pemerintah sipil dan militer, tokoh
masyarakat, tokoh pendidik, dan yang paling pokok adalah para tokoh-tokoh dan
pengurus organisasi DDI khususnya yang dekat dan pernah merasakan hidup
bersama dengan K.H. Abd. Rahman Ambo Dalle dalam menjalankan organisasi DDI
maupun lembaga pendidikan yang secara langsung dibinanya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pola pemikiran K.H. Abd.
Rahman Ambo Dalle tentang manajemen dapat diperhatikan melalui tingkah laku
dalam kepemimpinan organisasinya. Kemampuan manajerialnya yang cukup
mempuni dan revolusioner telah mampu menghadirkan sebuah organisasi besar
seperti DDI. Kehadiran DDI sebagai sebuah organisasi sangat diperhitungkan
diantara organisasi-organisasi besar lainnya, seperti; Nahdatul Ulama,
Muhammadiyah dan yang lainnya. Disisi lain, perbedaan yang cukup mendasar
antara dirinya dengan ulama-ulama besar lainnya, khususnya gurunya (AG.K.H.
Muhammad As’ad) adalah pemberlakuan kurikulum baru dalam sistem madrasahnya
seperti; penyajian materi bahasa Inggris, penggunaan celana panjang yang
menggantikan sarung, dan penggunaan jas dan dasi serta yang lainnya. Pola
pemikiran yang revolusioner ini selanjutnya mampu mengantarkan organisasi DDI
dengan perkembangan yang pesat tampak pada tingkat persebarannya di 20 (duaxxi
puluh) provinsi di Indonesia, dengan jumlah pengurus wilayah sebanyak 10 buah, 54
pengurus Daerah, 388 Pengurus Cabang, 172 Pengurus Ranting, 1075 buah
madrasah, 75 buah Pondok Pesantren, dan 12 Sekolah Tinggi serta 1 buah
Universitas dengan status terdaftar. Keberhasilan kepemimpinan K.H. Abd. Rahman
Ambo Dalle didasari dengan kemampuan manajerial yang sangat baik, sehingga
dalam penyelenggaraan organisasi dan lembaga pendidikan yang dibinanya dapat
berjalan dengan baik pula sesuai dengan mekanisme kerja manajemen pada
umumnya. Kedua, pola pemikiran yang dikembangkannya sesuai dengan konsep
umum manajemen modern dengan implementasi tradisional yang meliputi;
Kepemimpinan, Pengorganisasian, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen
Keuangan, Manajemen Kurikulum, Manajemen Kesiswaan, dan Manajemen Sarana
dan Prasarana. Konsep ini kemudian dikembangkan oleh K.H. Abd. Rahman Ambo
Dalle dengan berlandaskan pada sebersih-bersih tauhid, setinggi-tinggi ilmu, dan
sepintar-pintar siyasah. Penerapannya menggunakan pendekatan keilahian melalui 8
(delapan) nilai-nilai dan prinsip manajemen pendidikan Islam , meliputi; 1)
keikhlasan, 2) kejujuran, 3) amanah, 4) keadilan, 5) tanggung jawab, 6) praktis, 7)
dinamis, dan 8) universal. Kesemua prinsip implementasi manajemen tersebut,
didasarkan pada sikap keikhlasan dengan pendekatan keilahian, dan Ketiga, pola
pemikiran K.H. Abd. Rahman Ambo Dalle tentang manajemen telah mampu
menginspirasi bagi para pengurus organisasi DDI dan pengelola lembaga pendidikan
yang bernaung di bawahnya. Sehingga karakter utama yang ada dalam pengelolaan
organisasi dan lembaga pendidikan yang ada, senantiasa mengedepankan sikap
keikhlasan dengan pendekatan keilahian. Sikap ini adalah buah dari ketauladanan
yang telah ditampilkan oleh K.H. Abd. Rahman Ambo Dalle dalam menjalankan
kepemimpinannya pada lembaga pendidikannya dan organisasi DDI.
Implikasi penelitian ini adalah bahwa Pola pemikiran K.H. Abd. Rahman
Ambo Dalle terhadap manajemen pendidikan Islam dalam lingkungan DDI, telah
menjadi sumber inspirasi utama bagi para pengurus DDI pada seluruh wilayah,
cabang, dan ranting dalam pengelolaan lembaga pendidikan baik madrasah, maupun
sekolah serta sekolah tinggi yang ada dalam lingkungan DDI diseluruh wilayah
Indonesia.


Ketersediaan
#
Pascasarjana Belum memasukkan lokasi
80100310155
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3 MUH p
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2014
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
pendidikan agama islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?