Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of DISERTASI: PENDEKATAN  ACTIVE  LEARNING  DALAM PENGEMBANGAN  PENDIDIKAN  ISLAM  PADA  PROGRAM  STUDI  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN  IAIN TERNATE
Penanda Bagikan

Text

DISERTASI: PENDEKATAN ACTIVE LEARNING DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN IAIN TERNATE

MUHAMMAD ZEIN - Nama Orang;

Disertasi ini berkenaan dengan pendekatan active learning dalam pengembangan pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Ternate, tujuan penelitian ini yaitu: pertama, untuk mendeskripsikan hakikat pendekatan active learning pada Prodi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Ternate. kedua, untuk mengungkapkan realitas pengembangan pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Ternate, dan ketiga, untuk merumuskan hasil implementasi pendekatan active learning dalam pengembangan pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan pedagogik, psikologis, dan sosiologis. Sumber data penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer meliputi dosen, pegawai, dan mahasiswa sebagai informan sedangkan data sekunder meliputi dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Pengumpulan data mempergunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis/pengolahan data menggunakan 3 cara: (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pendekatan active learning pada pembelajaran pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate merupakan proses kegiatan pembelajaran yang subjek didiknya terlibat secara intelektual dan emosional sehingga ia betul-betul berperan dan berpartisipasi aktif dalam melakukan kegiatan belajar, dengan sejumlah strategi pembelajaran yang telah dilakukan oleh dosen Prodi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Ternate. Kedua, realitas pengembangan pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate yaitu melakukan pembelajaran berbasis kontekstual, melakukan pembelajaran berbasis riset, dan penataan kurikulum berbasis kompetensi yang berorientasi pada pengembangan diri dan senantiasa berorientasi kepada pembentukan intelektualitas dan moralitas peserta didik (mahasiswa) serta mendorong dosen untuk memiliki kualifikasi dan standar kompetensi tertentu yang peka terhadap perkembangan ipteks dan tantangan zaman. Ketiga, hasil pendekatan active learning dalam pengembangan pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate yaitu peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), yang benar-benar utuh, tidak hanya secara jasmaniah melainkan juga secara batiniah serta menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik yang profesional dan dapat diaktualisasikan di masyarakat.
Implikasi penelitian dengan pendekatan active learning dalam pengembangan pembelajaran pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate merupakan suatu upaya untuk mengembangkan dan mengarahkan sistem supaya dapat lebih eksis di masa depan yang ideal dan lebih diminati masyarakat tanpa menafikan nilai-nilai moralitas sehingga mampu menjawab tantangan zaman dalam kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara. Disertasi ini diharapkan menjadi sesuatu yang dapat menjadi pedoman oleh para pendidik terutama dalam mengimplementasikan pendekatan active learning dalam mengembangkan pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate ke depan sehingga mampu menjadi pioner dari prodi-prodi lain dilingkungan IAIN Ternate. Di masa yang akan datang diharapkan semakin banyak generasi yang mampu memiliki kemampuan akademik dan kepedulian sosial yang berlandaskan nilai-nilai Islam sehingga menjadi manusia yang mampu menghadaPendidikan Agama Islam dan memecahkan persoalan secara profesional serta permasalahan-permasalahan dan tantangan-tantangan yang akan dihadapinya di masa mendatang, sekaligus dapat mengembangkan kehidupannya baik individu maupun sosial secara religius Islami.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 2X7.3 MUH p
80100309086
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3 MUH p
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
pendidikan islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?