Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of DISERTASI: METODE  BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT AL-BINA TERNATE
Penanda Bagikan

Text

DISERTASI: METODE BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT AL-BINA TERNATE

KHALID HASAN MINABARI - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan metode bervariasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT al-Bina Ternate, mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode bervariasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT al-Bina Ternate, serta untuk mengetahui hasil dari metode bervariasi dalam pembelajaran PAI di SDIT al-Bina Ternate.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus, dengan bentuk penelitian kualitatif, yang memaparkan data secara naratif, deskriptif, uraian dari informan baik lisan maupun data dokumen yang tertulis. Pendekatan yang digunakan pada penelitian adalah pendekatan teologis normatif, psikologis, dan pedagogis. Adapun sumber data penelitian meliputi data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil observasi, wawancara terstruktur dan terbuka, angket, dan telaah dokumen. Sedangkan data sekunder berupa data dari berbagai dokumen yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen, wawancara mendalam, angket, dan dokumentasi. Data tersebut selanjutnya dianalisis berdasarkan pengorganisasian data, reduksi data, dan penafsiran data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bervariasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam telah dibuktikan dan diwujudkan secara maksimal oleh para guru PAI SDIT al-Bina Ternate. Bentuk-bentuk variasi metode tersebut mencakup aspek pengelolaan lingkungan dan suasana belajar secara variatif, pengelolaan variasi strategi dan metode pembelajaran, dan pengelolaan variasi evaluasi pembelajaran. Pengelolaan lingkungan dan suasana belajar misalnya dengan variasi tempat duduk dan melakukan wisata belajar. Adapun pengelolaan strategi dan metode pembelajaran misalnya dengan memadukan beberapa metode mengajar secara sistematis yang disesuaikan dengan materi dan karakteristik atau gaya belajar peserta didik, serta maksimalisasi penggunaan media pembelajaran modern. Sedangkan pengelolaan evaluasi pembelajaran dilakukan dengan cara menvariasikan beberapa bentuk evaluasi belajar yang tidak hanya mengandalkan tes tertulis. Hasil dari metode bervariasi dalam pembelajaran PAI ini tampak pada tingginya motivasi belajar dan prestasi peserta didik, guru PAI lebih memerhatikan karakteristik dan gaya belajar peserta didik serta menyesuaikannya dalam variasi metode pembelajaran, meningkatnya hasil/nilai belajar peserta didik, munculnya ide-ide kreatif guru PAI dalam menvariasikan metode mengajar, tumbuhnya partisipasi orang tua peserta didik untuk menjaga kontonuitas pengamalan ajaran agama di lingkungan keluarga, serta tercapainya tujuan pembelajaran PAI baik pada penguasaan aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik peserta didik. Faktor pendukung pembelajaran PAI dengan metode bervariasi di SDIT al-Bina Ternate berupa: kuatnya motivasi guru PAI SDIT al-Bina Ternate untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik, adanya kesamaan visi dan misi para guru, staf, dan pihak Yayasan SDIT al-Bina Ternate untuk mengoptimalkan metode bervariasi dalam pembelajaran PAI, adanya evaluasi rutin terhadap variasi metode pembelajaran dan reward terhadap guru yang berprestasi, materi PAI sangat memungkinkan untuk digunakannya perpaduan metode mengajar. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: masih terdapatnya peserta didik kelas IV, V, VI yang belum mampu membaca Alqur’an, masih minimnya dana untuk melengkapi media pembelajaran, terbatasnya alokasi waktu untuk menerapkan lebih dari dua atau tiga metode pembelajaran secara variatif, terbatasnya kemampuan guru untuk merekam keragaman karakteristik dan gaya belajar peserta didik, minimnya sarana bagi guru PAI untuk memeroleh informasi terbaru dalam pembelajaran PAI, masih kurangnya komunikasi antar guru PAI dan guru bidang studi untuk saling melengkapi variasi metode pembelajaran, serta masih rendahnya respon dan partisipasi sebagian orang tua peserta didik untuk menjaga kontinuitas pengamalan ajaran agama di lingkungan keluarga.
Implikasi penelitian ini adalah: rekomendasi kepada pihak Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan Nasional, maupun pihak Yayasan SDIT al-Bina Ternate untuk memerhatikan kesejahteraan guru PAI, rekomendasi kepada orang tua peserta didik untuk lebih partisipatif dalam mendukung visi dan misi SDIT al-Bina Ternate, rekomendasi kepada guru PAI SDIT al-Bina Ternate untuk lebih kreatif mengembangkan keterampilan mengajar.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 2X7.3 KHA m
80100309083
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3 KHA m
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
pendidikan agama islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?