Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of DISERTASI: PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN IKLIM MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU 
PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 
DI KABUPATEN BULUKUMBA
Penanda Bagikan

Text

DISERTASI: PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN IKLIM MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KABUPATEN BULUKUMBA

IMRAN MAPPIARE - Nama Orang;

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana gambaran kepemimpinan kepala madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di Bulukumba, (2) bagaimana gambaran iklim madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di Bulukumba, (3) bagaimana gambaran kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba, (4) apakah terdapat pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba, (5) apakah terdapat pengaruh iklim madrasah terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba, (6) apakah ada hubungan kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba, dan (7) apakah terdapat pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah secara bersama-sama terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba.
Penelitian ini bertujuan untuk yaitu: (1) mengetahui gambaran kepemimpinan kepala madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di Bulukumba, (2) mengetahui gambaran iklim madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di Bulukumba, (3) mengetahui gambaran kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba, (4) mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba, (5) mengetahui pengaruh iklim madrasah terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba, (6) mengetahui hubungan kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba, dan (7) mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah secara bersama-sama terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, pendekatan paedagogik, dan pendekatan sosial. Metode pengolahan data digunakan statistik deskriptif dan infrensial. Populasi penelitian adalah seluruh guru pada dua MAN di Kabupaten Bulukumba berjumlah 105 orang yang terdiri atas guru MAN Bulukumba sebanyak 58 orang dan guru MAN Tanete sebanyak 47 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan probabilty sampling dengan teknik simple random sampling ditentukan dengan menggunakan Nomogram Harry King dengan tingkat kesalahan 5%. Jumlah sampel yang dipilih sebanyak 85 orang yang terdiri atas MAN Bulukumba sebanyak 47 orang dan MAN Tanete sebanyak 38 orang.
Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa menurut guru kepemimpinan kepala madrasah termasuk kategori baik dengan rata-rata skor 71,20% dari skor ideal, iklim madrasah termasuk kategori cukup dengan rata-rata skor 65,10% dari skor ideal, dan kinerja guru termasuk kategori baik dengan skor rata-rata 68,66% dari skor ideal. Hasil pengujian hipotesis berdasarkan analisis data dari empat hipotesis yaitu: (1) pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 < nilai probabilitas α=0,05 dan Thitung 11,928 ≥ Ttabel (1/2α, n-k-1) = 2,000. Persamaan regresi diperoleh Ŷ= 18,106 + 0,740X1, nilai 0,740 menandakan pengaruh ini arahnya positif. Besarnya nilai kontribusi variabel kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru 63,20%, (2) pengaruh iklim madrasah terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 < nilai probabilitas α=0,05 dan Thitung 11,928 ≥ Ttabel (1/2α, n-k-1) = 2,000. Persamaan regresi diperoleh Ŷ= 26,222 + 0,2825X2, nilai 0,2825 menandakan pengaruh ini arahnya positif. Besar nilai kontribusi variabel iklim madrasah terhadap kinerja guru 63,40%, (3) hubungan kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 < nilai probabilitas α=0,05, dan (4) pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah secara bersama-sama terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 < nilai probabilitas α=0,05 dan Fhitung 81,915 ≥ Ftabel =2,72 dengan dk pembilang 2. Persamaan regresi diperoleh Ŷ= 17,124 + 0,383X1 + 1,513X2, nilai 0,383 dan 1,513 menandakan pengaruh ini arahnya positif. Besar nilai kontribusi variabel kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah bersama-sama terhadap kinerja guru 66,6%. Hasil pengujian hipotesis dari empat hipotesis menunjukkan bahwa keempat hipotesis tersebut memperoleh nilai sig < α=0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah terhadap kinerja guru pada madrasah Aliyah Negeri di Bulukumba, baik dilihat secara parsial maupun secara simultan.
Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan kepala madrasah perlu meningkatkan kepemimpinannya yaitu: (1) pemberian pengarahan pada guru yaitu merumuskan indikator, menentukan metode pembelajaran, dan menentukan media pembelajaran, (2) pengendalian dengan pengawasan ketat, yang perlu ditingkatkan yaitu monitoring, evaluasi, dan umpan balik terhadap pelaksanaan tugas guru sehingga standar yang telah ditetapkan dan disepakati dapat tercapai, memberi perhatian kepada guru yang mengalami kesulitan dalam melaksanakan tugas, hasil observasi dijadikan sebagai bahan masukan bagi guru untuk perbaikan pelaksanaan tugasnya, dan konsistensi terhadap aturan yang telah ditetapkan, (3) Pengambilan keputusan yaitu melibatkan guru dalam pengambilan keputusan tanpa deskriminasi, memudahkan penyelesaian seperti melakukan koordinasi dan permasalahan didiskusikan dengan guru. Sehubungan dengan iklim madrasah dalam upaya meningkatkan kinerja guru, kepala madrasah diharapkan memerhatikan kelengkapan, kecukupan, kenyamanan fasilitas ruang belajar, tempat kerja guru yang kondusif, dan terpeliharanya komunikasi yang baik antara personel (guru) di madrasah.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 2X7.3 IMR p
80100313062
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3 IMR p
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
pendidikan islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?