Text
TESIS: STRATEGI PEMASARAN BERBASIS SYARIAH DENGAN LAYANAN GO-FOOD PADA UKM DI MAKASSAR
Pada era globalisasi persaingan bisnis yang dihadapi perusahaan-perusahaan saat ini semakin ketat, sehingga menuntut manajemen perusahaan untuk lebih cermat dalam menentukan strategi pemasarannya. Sehingga kegiatan bisnis harus mampu bersikap fleksibel dan beradaptasi dengan perubahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan layanan Go-food pada UKM di kota Makassar, dan untuk menjelaskan startegi pemasaran berbasis syariah pada layanan Go-Go-Food.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif melalui studi lapangan terhadap UKM yang menggunakan layanan Go-Food dalam strategi pemasarannya yaitu Warkop Serambi Surabi BTP, Jalangkote Balinise, Medina Salad Buah, Jolies Banana Roll Bukit Baruga. Penelitian ini menggunakan analis data melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan Go-Food terhadap UKM di kota Makassar telah menjalankan strategi pemasaran syariah. Dalam hal ini unsur-unsur syariah yaitu: Benar (Siddiq) yang termasuk dalam Ketuhanan (Rabbaniyah) dan realistis (al-Waqiiyah), amanah, tabligh yang termasuk dalam humanistis (Al Insaniyah), fathonah, dan berani (Syaja’ah). Unsur-unsur tersebut telah tercermin dari kontrak dan kebijakan yang telah disepakati oleh kedua pihak yang memperoleh keuntungan.
Implikasi dari penelitan ini diharapkan agar dapat menjadi masukan bagi akademisi dalam pengembangan ilmu ekonomi syariah. Sedangkan bagi para praktisi penelitian ini diharapkan dapat membantu mencapai tujuan pemasaran dalam mengembangkan usaha baik secara individu ataupun kelompok.
Tidak tersedia versi lain