Text
DISERTASI: PROBLEMATIKA HADIS PENDIDIKAN S}ALAT (Implementasinya Terhadap Anak Pada Masyarakat di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar)
Pertanyaan pokok yang dijawab dalam penelitian ini adalah
Bagaimana implementasi hadis pendidikan s}alat terhadap anak pada
masyarakat di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar? Pertanyaan
pokok tersebut dijabarkan dalam dua sub pertnyaan,yaitu:(1)bagaimana
Perilaku anak dalam mengimplementasikan hadis pendidikan s}alat ?; (2)
bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi hadis
pendidikan S}alat terhadap anak serta bagaimana upaya-upaya yang
dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam mengimplementasikan
hadis pendidikan s}alat tersebut? Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasikan perilaku anak dalam mengimplementasikan hadis
pendidikan s}alat, dan menggali faktor pendukung, dan penghambat
impelementasi hadis pendidikan s}alat pada anak, lalu merumuskan
langkah-langkah yang harus dilakukan dalam upaya untuk mengatasi
hambatan-hambatan impelementasinya di Kecamatan Biringkanaya
Kota Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dalam bentuk survey.
Populasinya adalah seluruh anak yang berusia10 tahun yang sedang
belajar dikelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan Inpres tahun ajaran
2007-2008 yang berdomisili di Kecamatan Biringkanaya Kota
Makassar, terdiri dari tujuh kelurahan, dengan jumlah siswa/siswi
sebanyak 2215 orang. Dalam pengambilan sampel dipergunakan dua
tahap, tahap pertama adalah area sampling dan tahap kedua proportional
random sampling. Pada teknik area sampling dipilih tiga buah kelurahan
sebagai sampel lokasi penelitian, yaitu: (a) sebelah barat diwakili
Kelurahan Untia; (b) sebelah timur diwakili kelurahan Sudiang; (c)
sebelah selatan diwakili kelurahan Daya. Adapun pada proportional
random sampel, pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 15%
dari jumlah siswa/siswi kelas IV sekolah dasar yang berada pada
wilayah sampling, terdiri dari enam sekolah dasar negeri (SDN) dan
sekolah dasar inpres, dengan jumlah siswa/siswi 493 orang. Dengan
demikian,maka ukuran sampel adalah 15% x 493 orang = 74 orang.
Instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara. Analisis yangxv
digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase
dan diagram.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perilaku anak dalam
mengimplementasikan hadis pendidikan s}alat, secara umum hasil
penelitian menunjukkan pada kategori tinggi, artinya anak-anak telah
melakukan upaya maksimal dalam meng-implementasikan hadis
pendidikan s}alat dalam bentuk pelaksanaan s}alat. Faktor pendukung
implementasi hadis pendidikan s}alat, yaitu kesungguhan, keteladanan,
perhatian, dan pengawasan orang tua dan guru pendidikan agama Islam
dalam membina anak-anak dalam memahami ajaran s}alat, dan
melaksanakannya serta dukungan masyarakat. Faktor penghambat
adalah kesibukan dan kelengahan orang tua serta tidak cukupnya alokasi
jam pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah dasar (SD), dan tidak
maksimalnya dukungan masyarakat. Upaya-upaya yang dilakukan untuk
mengatasi hambatan-hambatan dalam mengimplementasikan hadis
pedidikan s}alat terhadap anak adalah meningkatkan pembinaan dan
pengawasan terhadap pelaksanaan ibadah s}alat anak, memasukkan anak
belajar di taman pendidikan Al-Qur'ān, dan memilihkan anak teman
bergaul anak yang baik, serta mengikutsertakan anak untuk menghadiri
acara hari-hari besar Islam.
Implikasi penelitian; (1) Peningkatan kualitas anak dalam
mengimplememtasikan hadis pendidikan s}alat dalam bentuk
pelaksanaan ibadah s}alat sangat terkait dengan kesungguhan orang tua
dan para pendidik dalam mendidik anak melaksanakan ibadah s}alat. (2)
Orang tua dan para pendidik hendaknya memberikan keteladanan yang
baik, dan membiasakan anak untuk mengerjakan s}alat karena
keteladanan, dan pembiasaan sangat penting bagi jiwa anak dan
perkembangannya. (3) Orang tua, para pendidik, dan masyarakat
diharapkan agar lebih sunguh-sungguh dalam memberikan pengawasan
dan bimbingan terhadap anak dalam mengimplementasikan hadis
pendidikan s}alat, agar anak-anak dapat melaksanakannya dengan sebaikbaiknya, dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Tidak tersedia versi lain