Text
DISERTASI: Tingkat Pembelajaran Inkuiri Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI-A dan XI-B SMA Negeri I Sinjai Utara Kabupaten Sinjai
Masalah pokok dalam disertasi ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan
pembelajaran Inkuiri pada kelas XI-A dan XI-B SMA Negeri 1 Sinjai Utara
Kabupaten Sinjai, (2) bagaimana aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas
XI-A dan kelas XI-B di SMA Negeri 1 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai, dan (3)
adakah tingkat pembelajaran Inkuiri terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta
didik kelas XI-A dan kelas XI-B di SMA Negeri 1 Sinjai Utara Kab. Sinjai
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan mengunakan
pendekatan metodologis dan pendekatan keilmuan yang meliputi (a) pendekatan
pedagogis dan (b) pendekatan psikologis, dengan sumber datanya adalah
utamanya adalah guru Pendidikan Agama Islam dan kepala sekolah. Teknik
analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif,
dimana analisis kuantitatif digunakan apabila data yang dikumpulkan berwujud
angka atau diwujudkan angka.
Hasil penelitian yang telah ditemukan pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai dengan
menerapkan pendekatan pembelajaran Inkuiri, dapat ditemukan bahwa adanya
perbedaan signifikan antara pembelajaran inkuiri dengan pembelajaran
konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran
pendidikan agama Islam kelas XI-A SMA Negeri 1 Sinjai Utara Kabupaten
Sinjai. Sedangkan dalam penerapan pembelajaran konvensional pendidikan
agama Islam kelas XI-B hanya terpaku pada penjelasan guru dan siswa kurang
aktif dalam pembelajaran, sehingga pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama
Islam terlihat monoton dan yang aktif hanya guru sedang siswa kurang aktif
dalam pembelajaran. Adapun aktivitas hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Sinjai
Utara dalam penerapan pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam di SMA Negeri 1 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar
siswa. Pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA
Negeri 1 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai memiliki pengaruh yang sangat positif
karena dapat mempengaruhi aktivitas belajar siswa yang pada akhirnya dapat
mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam.
Tidak tersedia versi lain