Text
DISERTASI: IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KOTA PALOPO)
Penelitian ini membahas tentang integrasi al-Islam Kemuhammadiyahan
dengan menggunakan pendekatan kearifan lokal dalam implementasi kurikulum TK.
Aisyiyah Bustanul Athfal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi dan penilaian hasil
belajar peserta didik dalam mengimplementasikan kurikulum Taman Kanak-Kanak
Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Palopo.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan obyek penelitian
Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Palopo yang menggunakan
pendekatan pedagogis, dan psikologis. Sumber data yang dilakukan meliputi data
primer dari hasil wawancara kepala sekolah, guru, pengelola, pengurus yayasan dan
orag tua murid dan tokoh masyarakat. Sedangkan data sekunder diperoleh dari
dokumen TK. Aisyiyah Bustanul Athfal berupa rencana kegiatan semester, rencana
kegiatan mingguan, rencana kegiatan harian dan standar tingkat pencapaiaan
perkembangan anak. Metode Pengumpulan Data dilakukan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui cara reduksi data, display
data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data
dengan cara triangulasi.
Hasil penelitian pada implementasi kurikulum TK. Aisyiyah Bustanul
Athfal terintegrasi al-Islam Kemuhammadiyahan menggunakan pendekatan kearifan
lokal mengandung nilai Dewata SeuwaE, nilai Agettengeng, nilai Alempureng, nilai
Amaccangang, dan nilai Aperrukeng dalam penanaman akidah, ibadah, akhlak dan
muamalah peserta didik untuk mencapai kemampuan sikap spritual, sikap sosial,
pengetahuan dan keterampilan.
Kurikulum yang digunakan oleh TK.Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Palopo
diawali dengan perencanaan pembelajaran dengan menyusun program tahunan,
program semester, rencana kegiatan mingguan dan pada pelaksanaan pembelajaran
melalui penyusunan rencana kegiatan harian menggunakan metode pemberian
contoh, pengkisahan, nasehat dan larangan dan pengalaman secara fisik dan batin,
xvi
disesuaikan dengan tema dalam pembelajaran dan selanjutnya dalam mengevaluasi
dan menilai hasil belajar peserta didik dilakukan melalui standar tingkat pencapaian
perkembangan anak dalam lingkup perkembangan aspek agama dan moral, kognitif,
bahasa, fisik motorik dan seni dalam penanaman akidah, ibadah, akhlak dan
muamalah peserta didik sebagai bentuk pencapaian kemampuan sikap spritual,
kemampuan sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan.
Implikasi penelitian dalam kurikulum Taman Kanak-Kanak Aisyiyah
Bustanul Athfal yang berbasis al-Islam Kemuhammadiyahan menggunakan
pendekatan kearifan lokal sebagai salah satu solusi untuk mengantisipasi terjadinya
pergeseran nilai budaya luhur dari orang tua tanah Luwu yang berdampak pada
perubahan tingkah laku anak didik, sehingga perlu dilestarikan di bumi
Sawerigading.
Kata Kunci, Kurikulum TK, al-Islam Kemuhammadiyahan, Kearifan lokal.
Tidak tersedia versi lain