Text
DISERTASI: Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pembinaan Karakter pada Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung Kabupaten Bone
Disertasi ini berkenaan dengan Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam
Pembinaan Karakter pada Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung Kabupaten Bone. Tujuan
penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui transformasi nilai-nilai pendidikan Islam
pada Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung Kabupaten Bone, kedua, untuk mengkaji bentuk
upaya guru dalam pembinaan nilai-nilai karakter Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung
Kabupaten Bone dan ketiga, untuk merumuskan peluan dan tantangan transformasi nilainilai pendidikan Islam dalam pembinaan karakter pada Madrasah Aliyah al-Ikhlas Ujung
Kabupaten Bone.
Metodologi penelitian ini adalah kualitatif dengan dua pendekatan, pertama
pendekatan keilmuan yang meliputi paedagogis, teologis normatif dan yuridis normatif,
kedua, pendekatan metodologis, yaitu fenomenologi. Sumber data penelitian ini terdiri dari
kepala madrasah, guru-guru, orang tua siswa, dan peserta didik pada Madrasah Aliyah AlIkhlas Ujung Kabupaten Bone sebagai informan. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan Instrumen atau daftar pertanyaan, wawancara, observasi partisipatif,
dokumentasi, dan penelusuran referensi. Teknik analisis/pengolahan data menggunakan
deskriptif kualitatif yang pengolahannya melalui tiga tahapan yaitu 1) reduksi data, 2)
display data dan 3) verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Transformasi nilai-nilai pendidikan
Islam pada Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung Kabupaten Bone dalam penelitian ini meliputi
tahapan pendahuluan, penyajian inti pelajaran dan penutup. Indikator kegiatan pendahuluan
pembelajaran meliputi pengucapan salam, penyampaian appersepsi, penyampaian TKP, dan
penarikan perhatian, Dalam penggunaan media pembelajaran para guru pada Madrasah
Aliyah Al-Ikhlas Ujung Kabupaten Bone, dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap sehingga
metode lebih bervariatif. Kedua, Bentuk upaya guru dalam pengembangan nilai-nilai
karakter Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung Kabupaten Bone yaitu melalui pengawasan
terpadu bagi semua komponen sekolah terhadap perilaku peserta didik, pemberian motivasi
melalui nasehat dan kisah-kisah orang sukses, menerapkan strategi pembelajaran dengan
model pembelajaran aktif untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran yang merupakan
tindak lanjut hasil kesepakatan rapat para guru di lingkungan Madrasah Aliyah Al-Ikhlas
Ujung Kabupaten Bone, siswa yang memiliki prestasi yang tinggi juga memiliki sikap
karakter yang baik. Ketiga Peluan dan tantangan transformasi nilai-nilai pendidikan Islam
dalam pembinaan karakter pada Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung Kabupaten Bone yaitu
adanya keinginan dan tekad yang kuat dari stakeholders untuk memajukan madrasah
tersebut dan Komitmen yang kuat para guru di Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung
Kabupaten Bone untuk mengembangkan Pendidikan, dan Pengabdian kepada
masyarakat. Sedangkan kelemahan meliputi; Masih terbatasnya tenaga kependidikan yang
mempunyai spesifikasi bidang keilmuan
Implikasi penelitian ini adalah diharapkan guru pada Madrasah Aliyah Al-Ikhlas
Ujung Kabupaten Bone selalu mentransformasikan nilai-nilai pendidikan pada pembentukan karakter pada semua unsur sehingga dapat terlaksana dengan baik dan diharapkan peserta
didik pada Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung Kabupaten Bone untuk lebih taat dan patuh
terhadap aturan yang berlaku di madrasah, sehingga nantinya dapat mendukung pelaksanaan
pendidikan karakter.
Tidak tersedia versi lain