Text
DISERTASI: PENANAMAN NILAI MORAL AGAMA BAGI ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN KISAH DALAM AL-QUR’AN DI PAUD AISYIYAH I DAN II PALU
Penelitian ini bertujuan untuk, 1) untuk memberikan gambaran umum tentang
konsep penanaman nilai moral agama bagi anak usia dini melalui pendekatan kisah
dalam al-Qur’an, 2) untuk memberikan gambaran umum tentang konsep
implementasi penanaman nilai moral agama bagi anak usia dini melalui pendekatan
kisah dalam al-Qur’an di PAUD Aisyiyah I dan II Palu, 3) serta untuk memberikan
gambaran umum tentang hambatan penanaman nilai moral agama bagi anak usia dini
melalui pendekatan kisah dalam al-Qur’an di PAUD Aisyiyah I dan II Palu.
Jenis penelitian adalah penelitian lapangan berorientasi data kualitatif
deskriptif dengan pendekatan teologis, psikologis, sosiologis dan sastra. Informan
terdiri dari guru dan staf di PAUD Aisyiyah I dan II Palu. Metode pengumpulan data
terdiri atas wawancara, observasi partisipatif, dokumentasi, dan penelusuran
referensi. Ata diolah melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan konsep penanaman nilai moral agama bagi
anak usia dini melalui pendekatan kisah dalam al-Qur’an merujuk pada
pengembangan nilai moral agama berupa akidah, syariah, dan akhlak yang
penyampaiannya harus didukung oleh teknik penyampaian yang menarik yamg dalam
hal ini adalah bercerita, bernyanyi, dan bermain, implementasi penanaman nilai moral
agama bagi anak usia dini melalui pendekatan kisah dalam al-Qur’an di PAUD
Aisyiyah I dan II Palu menunjukkan bahwa penguatan nilai moral agama berupa
akidah, syariah, dan akhlak merupakan hal yang menjadi perhatian dalam
pengimplementasiannya, hambatan penanaman nilai moral agama bagi anak usia dini
melalui pendekatan kisah dalam al-Qur’an di PAUD Aisyiyah I dan II Palu adalah
upaya pendidik dalam penjabaran visi, misi dan tujuan yang belum maksimal,
kurikulum yang belum bersinergi secara maksimal, koordinasi tri pusat pendidikan
(orang tua, guru, dan masyarakat) belum padu, penggunaan Information,
Communication, and Technology (ICT) yang belum maksimal, serta lingkungan
sosial belum mendukung secara maksimal.
Implikasi penelitian adalah penanaman nilai moral agama bagi anak usia dini
melalui pendekatan kisah dalam al-Qur’an merupakan suatu alternatif penanaman
nilai moral agama berupa akidah, syariah, dan akhlak melalui hirarki menerima nilai,
merespon nilai, bertindak atas nilai, mengorganisasikan nilai, dan mengakselerasi
nilai sehingga nilai moral agama tersebut bukan sekedar konsep tapi sebuah nilai
praktis yang imanen dengan eksistensi anak sebagai individu dan makhluk sosial.
Tidak tersedia versi lain