Text
DISERTASI: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK SMP MUHAMMADIYAH PALOPO
Disertasi ini mengkaji tentang implementasi Pendidikan Agama Islam dalam
pembinaan perilaku keagamaan peserta didik SMP Muhammadiyah Palopo, dengan
merumuskan permasalahan penelitian yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Palopo?, 2)
Bagaimana perilaku keagamaan peserta didik SMP Muhammadiyah Palopo?, 3)
Bagaimana mengimplementasikan Pendidikan Agama Islam melalui perilaku
keagamaan peserta didik di SMP Muhammadiyah Palopo?
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan
pendekatan grounded theory. Adapun sumber data penelitian ini yaitu kepala
sekolah, guru PAI, dan peserta didik. Metode pengumpulan data adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan dan analisis data melalui tiga tahapan
yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran PAI di
SMP Muhammadiyah yaitu guru melaksanakan tugasnya dari persiapan dalam
pembelajaran (secara operasional membuat silabus, RPP), pelaksanaan pembelajaran
(guru PAI menggunakan metode discovery learning untuk tema al-asma al-husna,
contekstual teacher learning untuk tema perilaku terpuji, metode saintific dengan
tema thahara, dan penilaian sikap spiritual dan sikap sosial. 2) Perilaku keagamaan
peserta didik SMP Muhammadiyah Palopo dapat disimpulkan bahwa perilaku
memberi salam sudah baik, dari hasil pengamatan setiap peserta didik bertemu
dengan guru peserta didik memberi salam, shalat duhur berjamaah sudah baik, hasil
pengamatan waktu shalat duhur tiba peserta didik bersama guru melaksanakan
shalat berjamaah di Masjid al-Qalam. 3) Implementasi Pendidikan Agama Islam
melalui perilaku keagamaan dengan tema thahara, hasil pengamatan peserta didik
menjaga kebersihan, berpakaian rapi, disiplin, bertutur kata yang baik.
Implikasi dari penelitian ini adalah:1) Mendorong guru agama yang mengajar
di lembaga pendidikan khususnya guru Agama Islam agar bersama-sama
mengsinergikan antara materi pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan tujuan
pembelajaran yang mengacu pada isi materi. Contoh tentang materi thahara materi
ini tidak sekedar dipahami sebagai media mensucikan badan, akan tetapi peserta
didik harus mampu peduli hidup bersih dan menjaga lingkungan. 2) Pembentukan
perilaku tidak hanya mengutamakan pembentukan pengetahuan saja, tetapi
diseimbangkan antara perilaku dan pengetahuan, sehingga peserta didik memiliki
perilaku yang baik, keterampilan dan pengetahuan yang luas tentang agama Islam. 3)
Implementasi Pendidikan Agama Islam hendaknya dijadikan sebagai bagian
kebiasaan bagi peserta didik terhadap materi yang diajarkan, keteladanan guru perlu
agar peserta didik dapat meneladani, perilaku tersebut muncul karena adanya
dinamisasi antara pengetahuan yang dimiliki oleh peserta didik, keteladanan guru
dalam mendidik peserta didik.
Tidak tersedia versi lain