Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: PROFESIONALISME PENGELOLAAN SUMBER-SUMBER
PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM MAN 2
DI MAKASSAR
Penanda Bagikan

Text

TESIS: PROFESIONALISME PENGELOLAAN SUMBER-SUMBER PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM MAN 2 DI MAKASSAR

Supriadin - Nama Orang;

Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana profesionalisme pengelolaan
sumber-sumber pembelajaran agama Islam MAN 2 di Makassar? Pokok masalah
tersebut selanjutnya dijabarkan dalam beberapa submasalah atau pertanyaan
penelitian, yaitu: 1) Bagaimana pengelolaan sumber-sumber pembelajaran agama
Islam MAN 2 di Makassar?, 2) Bagaimana kendala yang dihadapi guru pendidikan
agama Islam dalam pengelolaan sumber-sumber pembelajaran MAN 2 di Makassar
dan apa solusinya?, 3) Bagaiaman upaya guru pendidikan agama Islam untuk
meningkatkan profesionalitasnya dalam pengelolaan sumber-sumber pembelajaran
pada MAN 2 di Makassar?
Jenis penelitian yang digunakan tergolong kualitatif dengan pendekatan
fenomenologis, pedagogik, dan sosiologis. Sumber data penelitian terdiri dari guru
PAI, Kepala Madrasah, dan peserta didik MAN 2 di Makassar. Metode pengumpulan
data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan
penelusuran referensi. Lalu, teknik analisis dan interpretasi data penelitian
menggunakan model analisis Miles dan Huberman dengan melalui tiga tahapan,
yaitu; reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan pengujian keabsahan
data. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana profesionalisme
pengelolaan sumber-sumber pembelajaran agama Islam MAN 2 di Makassar.
Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Profesionalisme pengelolaan sumbersumber pembelajaran agama Islam MAN 2 di Makassar telah berjalan sesuai dengan
prosedur pembelajaran, yaitu guru menyediakan rencana pelaksanaan pembelajaran
dan sumber-sumber belajar sebelum melakukan proses pembelajaran. Meski
demikian, dalam kegitan inti proses pembelajaran guru pendidikan agama Islam
lebih dominan menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan tanya jawab.
Hal demikian disebabkan oleh banyaknya muatan materi pelajaran yang harus
dituntaskan sementara alokasi waktu terbatas, walaupun guru melakukan proses
pembelajaran kadang di masjid. 2) Kendala pendukung dan penghambat guru
Pendidikan Agama Islam dalam mengelola sumber-sumber pembelajaran agama
Islam MAN 2 Makassar meliputi; a) kendala kualifikasi akademik dan kompetensi
guru Pendidikan Agama Islam; b) kepemimpinan kepala sekolah 3) faktor
penghambat yaitu meliputi; a) kurangnya alokasi waktu pembelajaran; b) kurangnya
daya listri yang tidak memadai.
Implikasi dari penelitian ini adalah:1) Diharapkan dapat berkontribusi
terhadap para guru yang bersentuhan langsung dengan para peserta didik, khususnya guru pendidikan agama Islam MAN 2 di Makassar agar dapat memaksimalkan tugastugas mereka sebagai pendidik yang profesional, serta menginternalisasi dalam
pengelolaan sumber-sumber pembelajaran pendidikan agama Islam. 2) Pengelolaan
sumber-sumber pembelajaran agama Islam juga diharapkan menjadi titik perhatian
para guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam untuk dibina dan dikembangkan
menjadi lebih baik. Sebab kecerdasan intelektual semata tidaklah cukup dalam
membangun masyarakat yang baik jika tidak dilandasi dengan sikap sosial dan
keterampilan seorang guru baik yang sejalan dengan norma agama Islam dan norma
sosial kemasyarakatan. 3) Perlu adanya pengembangan berkelanjutan terhadap
model dan profesional pengelolaan sumber-sumber pembelajaran agama Islam di
madrasah atau sekolah, sebagai salah satu usaha untuk meminimalisir masalah yang
dihadapi guru PAI dalam proses pembelajaran berlangsung. 4) Sarana dan prasana
sekolah merupakan elemen penting yang dapat menunjang kreatifitas guru dalam
mengajar dan mengasa keterampilan guru. sehingga, para penyelenggara pendidikan
harus mampu memenuhi kelengkapan fasilitas madrasah demi tercapainya tujuan
pendidikan nasional, terutama kelengkapan fasilitas belajar dan wahana lain terkait
dengan profesionalisme pengelolaan sumber-sumber pembelajaran pendidikan agama
Islam. 5) Temuan penelitian ini dapat memberi dukungan terhadap hasil penelitian
sejenis yang telah diadakan sebelumnya dan sekaligus memperkaya hasil penelitian
perihal pengelolaan sumber pembelajaran agama Islam.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 2X7.3
80200214011
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?