Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Disertasi: PERSEPSI GURU TENTANG SERTIFIKASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 
PADA SEKOLAH (Studi di Kabupaten Enrekang)
Penanda Bagikan

Text

Disertasi: PERSEPSI GURU TENTANG SERTIFIKASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH (Studi di Kabupaten Enrekang)

Sulaiman Saat - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru tentang sertifikasi, untuk mengungkapkan dan memetakan kompetensi Guru PAIS yang sudah tersertifikasi, khususnya kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik, serta menganalisis pengaruh persepsi guru terhadap kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru PAIS di Kabupaten Enrekang.
Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasinya adalah seluruh guru bidang studi Pendidikan Agama Islam pada sekolah di Kabupaten Enrekang yang sudah tersertifikasi sebanyak 143 orang yang terdiri atas guru SD, SMP, SMA, dan SMK. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proporsional berjenjang (proprotionaol stratified). Penentuan sampel menggunakan aksidental sampling. Jumlah sampel yang dipilih sebanyak 80 orang, terdiri atas Guru SMA/SMK sebanyak 12 orang, Guru SMP sebanyak 16 orang, dan guru SD sebanyak 52 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan format dekumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan mengguna¬kan rumus regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru bidang studi Pendidikan Agama Islam yang sudah tersertifikasi berpendapat bahwa sertifikasi tidak terlalu menentukan dalam peningkatan kompetensi guru, baik pada kompetensi profesional, maupun kompetensi pedagogk. Kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru bidang studi Pendidikan Agama Islam pada sekolah di Kabupaten Enrekang sudah berada pada kategori baik, cenderung sangat baik. Pengaruh persepsi guru tentang sertifikasi terhadap kompetensi guru tidak signifikan. Variabel lain yang juga berpengaruh adalah masa kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masa kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pedagogik, tetapi tidak berpe¬ngaruh secara signifikan terhadap kompetensi profesional guru. Setelah melalui pengujian, hipotesis yang diajukan ternyata tidak terbukti.
Implikasi penelitian adalah bahwa Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) sebagai pelaksanaan sertifikasi perlu meninjau ulang sistim pelatihan yang digunakan selama ini, khususnya alokasi waktu yang digunakan, metode pelatihan agar lebih berorientasi pada hal-hal yang bersifat praktis, penentuan narasumber, dan sarana prasarana pelatihan. Kepada para guru bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAIS) dituntut untuk lebih kreatif dalam meningkatakan kompetensinya, karena bagaimana¬pun unsur luar, termasuk pemberian sertifikat pendidik hanya sebagai penunjang. Selain itu, bagi pemangku kepentingan hendaknya selalu memberikan bantuan kepada para guru, baik berupa kesempatan mengikuti pelatihan, mengadakan pendampingan maupun dalam memberikan dukungan sarana dan prasarana pembelajaran. Bagi peneliti lain, diharapkan hasil penelitian ini menjadi informasi awal untuk melaksanakan penelitian lanjutan mengenai variabel lain yang belum diteliti.


Ketersediaan
#
Pascasarjana Belum memasukkan lokasi
02156496
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7 SUL p
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
pendidikan islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?