Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Disertasi: ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT PELAYANAN
PERBANKAN SYARIAH DENGAN PERBANKAN KONVENSIONAL 
(STUDI KASUS DI KOTA MAKASSAR)
Penanda Bagikan

Text

Disertasi: ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT PELAYANAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN PERBANKAN KONVENSIONAL (STUDI KASUS DI KOTA MAKASSAR)

Rusman Saing - Nama Orang;

Disertasi ini membahas ”Analisis Perbandingan Tingkat Pelayanan Perbankan Syariah dengan Perbankan Konvensional (Studi Kasus di Kota Makassar)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pelayanan yang diberikan perbankan syariah dan perbankan konvensional di Kota Makassar. Masalah pokok penelitian ini adalah menguji tingkat kualitas pelayanan dan perbandingan (service quality level) perbankan syariah dan perbankan konvensional di Kota Makassar.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk proses analisis data digunakan pendekatan teologis-normatif, ekonomis, dan sosialis. Penelitian ini dilakukan secara tertutup. artinya, peneliti memposisikan diri sebagai mystery shopping dan melakukan penelitian di lima perbankan syariah, yakni CIMB Niaga Syariah, Bank Muamalat Indonesia, Bank Permata Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan Bank Mega Syariah; dan lima perbankan konvensional, yakni Bank Mandiri, BNI, BCA, BRI, dan Bank Panin yang ada di Kota Makassar serta menilai sembilan aspek penilaian, dengan (1) mewawancarai customer service (CS), (2) melakukan transaksi dengan teller, (3) mengamati langsung tugas dan wewenang satpam, (4) mengobservasi kenyamanan ruangan Banking Hall, (5) merasakan kenyamanan luar Banking Hall, (6) memeriksa peralatan dalam ruangan Banking Hall, (7) mengecek keaktifan telepon informasi dan keluhan nasabah, (8) memeriksa kondisi toilet, dan (9) memeriksa kondisi ATM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor tingkat pelayanan di CIMB Niaga Syariah sebesar 91,51%, , Bank Permata Syariah sebesar 90,11%, Bank Muamalat Indonesia sebesar 88,16%, Bank Syariah Mandiri sebesar 83,95%, dan Bank Mega Syariah sebesar 80,51%. Sedangkan skor tingkat pelayanan di Bank Mandiri sebesar 93,83, BNI sebesar 89,99, , BRI sebesar 87,59%, BCA sebesar 87,28% dan Bank Panin sebesar 83,71%. Setelah dilakukan perbandingan antara tingkat pelayanan perbankan syariah dan perbankan konvensional ditemukan bahwa skor tingkat pelayanan perbankan syariah lebih merata dibandingkan perbankan konvensional, yang paling tinggi skornya adalah perbankan konvensional yakni Bank Mandiri.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, beberapa implikasi atau rekomendasi kepada pihak yang berkompeten demi peningkatan tingkat pelayanan perbankan baik syariah maupun konvensional. Di antaranya, melalui peningkatan kualitas pelayanan perbankan, masing-masing bank agar mampu bersaing menggaet nasabah. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan atau acuan pengambilan kebijakan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan baik di bank syariah maupun konvensional di Kota Makassar.


Ketersediaan
#
Pascasarjana Belum memasukkan lokasi
102466
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X4 RUS a
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X4
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Bank syariah
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?