Text
Tesis: PELAKSANAAN MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MEMBENTUK PERILAKU SANTRI DI PONDOK PESANTREN HUBULO GORONTALO
Penelitian ini mengkaji tentanng masalah pelaksanaan manajemen dalam
membentuk perilaku santri di Pondok pesantren Hubulo, Gorontalo. Pokok
permasalahan dalam penelitian ini adalah; (a) bagaimana pelaksanaan manajemen
di Pondok Pesantren Hubulo, Gorontalo, (b) bagaimana gambaran perilaku santri
di Pondok Pesantren Hubulo, dan (c) bagaimana pola pembinaan santri di Pondok
Pesantren Hubulo.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) dengan jenis
kualitatif deskriptif yakni menggambarkan kejadian sesuai yang terjadi di
lapangan/ lokasi penelitian. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan
fenomenologis dan keilmuan. Sumber data dari penelitian ini pertama dari
sumber data primer yakni Dewan Pimpinan Pesantren, Kepala Madrasah dan
Pembina asrama serta Pengurus OSPH dan sebagian santri di Pondok Pesantren
Hubulo, Gorontalo. Adapun sumber data sekunder yakni berasal dari data
tambahan yang berupa tulisan, buku, serta dokumen lainnya. Instrumen
penelitian adalah penulis sendiri dengan menggunakan metode pengumpulan
melalui teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik pengolahan data
melalui beberapa langkah, mulai dari pengambilan data, reduksi data, penyajian
data, verifikasi data hingga pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan manajemen
kesiswaan di Pondok Pesantren Hubulo, Gorontalo secara umum sudah berjalan
dengan baik. Pelaksanaan manajemen kesiswaan dimulai dari perencanaan,
seleksi penerimaan santri baru, pelaksanaan pekan ta’ruf (MOS),
pengelompokkan santri, pembinaan hingga penamatan santri. (2) pada umumnya,
perilaku santri di Pondok Pesantren Hubulo baik, ditandai dengan kebiasaankebiasan
baik yang tertuang dalam aktivitas kesehariann yang dijalankan santri,
namun ada pula kebiasaan buruk yang masih sering terjadi, dimana perilaku
buruk santri ini disebabkan oleh beberapa faktor baik secara intra maupun faktor
dari lingkungan. (3) metode pembinaan santri di Pondok Pesanntren Hubulo,
difokuskan pada ranah pengembangan akal serta wawasan, dan kompetensi
melalui pemberian ilmu di madrasah, pembinaan qalbu dan nilai-nilai spiritual
melalui kegiatan kerohaniann yang difokuskan di Masjid, serta pembinaan
disiplin dan kemandirian melalui pelaksanaan tata tertib dan pemberian sanksi
bagi santri yang melannggar yang difokuska di Asrama.
Implikasi penelitian: (1) manajemen kesiswaan yang efektif dan efisien
selalu membutuhkan evaluasi dan perbaikan yang berkesinambungan terutama
pada hal sumber daya manusianya. (2) perlu adanya pengawasan yang intensif
dalam hal pembinaan santri (3) mencetak generasi muda yang berahlak mulia
merupakan tanggung jawab bersama, oleh karena itu peran dari seluruh
stakeholder pesantrenn serta dukungan dari orang tua dan lingkungan sangat
dibutuhkan untuk dapat ikut membina santri.
Tidak tersedia versi lain