Text
TESIS: PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN METODE PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK JURUSAN AKUNTANSI KELAS 2 DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI (SMKN) 1 KOLAKA SULAWESI TENGGARA
Penelitian ini membahas tentang pengaruh pengelolaan kelas dan metode
pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap hasil belajar PAI
peserta didik jurusan Akuntansi kelas 2 di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri
(SMKN) 1 Kolaka yang bertujuan untuk: 1. Mengetahui pengaruh pengelolaan
kelas (X1) terhadap hasil belajar PAI peserta didik (Y), 2. Mengetahui pengaruh
metode pembelajaran (X2) guru PAI terhadap hasil belajar PAI peserta didik (Y),
3. Mengetahui pengaruh pengelolaan kelas (X1) dan metode pembelajaran (X2)
guru PAI secara bersama-sama terhadap hasil belajar PAI peserta didik (Y).
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
korelasional antara pengelolaan kelas (X1), dan metode pembelajaran guru PAI
(X2) terhadap hasil belajar PAI peserta didik (Y) dengan menggunakan design ex
post facto, adapun sampel pada penelitian ini berjumlah 51 orang yang terdiri
dari seluruh peserta didik kelas 2 jurusan Akuntansi dengan menggunakan teknik
Sampling Jenuh. Untuk mengumpulkan data digunakan angket/kuesioner,
pedoman observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik
analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa terdapat pengaruh
pengelolaan kelas terhadap hasil belajar PAI peserta didik sebesar 2,2%,
demikian juga dengan metode pembelajaran guru PAI juga terdapat pengaruh
terhadap hasil belajar PAI peserta didik sebesar 2,4%. Sementara pengelolaan
kelas dan metode pembelajaran guru PAI secara bersama-sama atau simultan
berpengaruh terhadap hasil belajar PAI peserta didik sebesar 12, 6 %.
Implikasi dari penelitian ini bahwa pengelolaan kelas dan metode
pembelajaran guru PAI di SMKN 1 Kolaka perlu untuk ditingkatkan agar dapat
memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik di SMKN 1
Kolaka. Sementara untuk para peserta didik agar terus memotivasi diri untuk
meningkatkan kualitas belajarnya demi hasil yang maksimal.
Tidak tersedia versi lain