Text
Disertasi: PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DI KOTA PALOPO TAHUN 2011-2012
Penelitian ini bertujuan; 1. Melakukan pemetaan terhadap mutu pendidikan menurut Standar Nasional Pendidikan di kota Palopo. 2. Menjelaskan foktor-faktor pendukung dan penghambat mutu pendidikan madrasah. 3. Mengimplementasikan peningkatan mutu pendidikan madrasah dan upaya mengatasi penghambat berdasarkan sistem pendidikan nasional di kota Palopo.
Metodologi penelitian yang digunakan : Pertama, penelitian kepustakaan, untuk memahami keberadaan madrasah dalam sistem pendidikan nasional dan menjelaskan teori-teori dalam peningkatan mutu pendidikan madrasah berdasarkan Standar Nasional Pendidikan. Kedua, penelitian lapangan dengan pendekatan historis, sosiologis dan Holistik Integratif, kemudian data dikumpulkan di lapangan dengan metode: observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi. Data dianilisis secara induktif, berdasarkan tehnik analisis kualitatif melalui tiga tahap yaitu, tahap reduksi data, display data dan Conclusion atau pengambilan kesimpulan.
Hasil penitian diperoleh : 1. Mutu pendidikan madrasah di kota Palopo sudah memenuhi standar nasional pendidikan yaitu; Standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan , pembiayaan, dan penilain pendidikan. 2. Faktor pendukungnya pada MTsN Palopo yaitu; Potensi calon peserta didik, kurikulum dan tenaga pendidik dan faktor penghambatnya yaitu; kurikulum, faktor tenaga pendidik, sarana dan prasarana, dan kurangnya minat belajar peserta didik. Adapun pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN ) Palopo, faktor pendukungnya adalah; kurikulum, tenaga pendidik, sarana dan prasarana. Adapun faktor penghambatnya ialah; infut peserta didik yang rendah kualitasnya dan faktor pengelolaan yang harus ditingkatkan. 3. Implementasi peningkatan mutu pendidikan madrasah dan upaya mengatasi hambatannya berdasarkan sistem pendidikan nasional di kota Palopo yaitu; mutu pendidikan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Palopo dan MAN Palopo, telah mengalami peningkatan dan telah memenuhi standar nasional pendidikan dengan indikator; a. Penerapan kurikulum berdasarkan standar nasional pendidikan, b. Proses pembelajaran telah berlangsung dengan produktif, aktif, komunikatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) dengan hasil yang sangat menggembirakan berdasarkan outfut yang dihasilkan. Tantangan dengan kurikulum yang padat dan luas dapat diatasi secara bersama antara pendidik dengan peserta didik, demikian juga halnya peningkatan profesionalisme pendidik dapat diatasi dengan lebih diaktifkannya peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam mengatasi segala permasalahan yang berhubungan dengan proses pembelajaran. Secara khusus tantangan pada MAN Palopo adalah infut peserta didik yang kurang, hal ini memerlukan peningkatan pengelolaan yang kreatif dan inovatif dengan melakukan sosialisasi yang komunikatif terhadap orang tua calon peserta didik.
Penelitian ini berimplikasi terhadap peningkatan mutu pendidikan madarasah di kota Palopo, dengan proses pembelajaran produktif, aktif, komunikatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) dan peningkatan profesionalisme pendidik dan pengelolaan manajemen pendidikan madrasah.
Tidak tersedia versi lain