Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Disertasi: Reaktualisasi nilai maslahah terhadap perilaku konsumen Muslim di Mal Panakkukang Makassar
Penanda Bagikan

Text

Disertasi: Reaktualisasi nilai maslahah terhadap perilaku konsumen Muslim di Mal Panakkukang Makassar

Amiruddin K - Nama Orang;

Penelitian ini menggambarkan kondisi objektif perilaku konsumen muslim di Mal Panakkukang. Perilaku konsumen muslim di Mal Panakkukang Makassar dipengaruhi oleh sistem ekonomi kapitalis, dengan budaya dan gaya hidup konsumerisme, konsumtifisme, dan hedonisme, yang kini telah menjadi gejala hidup dikalangan masyarakt modern. Penelitian ini merumuskan tiga pokok masalah yaitu: (1) Bagaimana aktualisasi nilai maslahah terhadap perilaku konsumen muslim di Mal Panakkukang Makassar. (2) Faktor-faktor nilai maslahah mana yang paling dominan berpengaruh terhadap perilaku kon sumen muslim di Mal Panakkukang Makassar (3) Bagaimana mereaktualisasikan nilai maslahah terhadap perilaku konsumen muslim di Mal Panakkukang Makassar. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) diketahuinya aktualisasi nilai maslahah terhadap perilaku konsumen muslim di Mal Panakkukang Makassar, (2) diketahuinya Faktor nilai-nilai maslahah mana yang paling dominan berpengaruh terhadap perilaku konsumen muslim di Mal Panakkung Makassar, (3) diketahuinya proses reaktualisasi nilai maslahah (manfaat) terhadap perilaku konsumen Muslim di Mal Panakkukang Makassar.
Jenis penelitian ini deskriptif dan prefikatif, dengan menggunakan skala liker. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Mal Panakkukang Makassar yang beragama Islam, teknik pengambilan sampel Accidental Sampling. Teknik pengambilan data, observasi, Wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif, dengan pendekatan syar’i dan sosiologis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktualisasi nilai maslahah terhadap Perilaku Konsumen Muslim di Mal Panakkukang Makassar berpengaruh, namun belum representatif sehigga perlu di tingkatkan dan diefektifkan kembali. Berdasarkan hasil analisis faktor maka nilai-nilai maslahah yang berpengaruh dominan terhadap perilaku konsumen muslim di Mal Panakkung Makassar yaitu nilai adil, nilai free will, dan nilai amanah. Ada tiga konsep strategis dalam proses mereaktualisasikan nilai maslahah terhadap perilaku konsumen muslim di Mal Panakkuakang Makassar : (1) internalisasi, (2) eksternalisasi, (3) objektivasi. Internalisasi adalah orientasi pembelajaran dan pemahaman yakni konsumen muslim senantiasa meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan wawasan yang terkait dengan etika dan prinsip-prinsip konsumsi dalam ekonomi Islam melalui proses pembelajaran formal dan nonformal. Sedangkan proses eksternalisasi adalah proses sosialisasi yang dilakukan melalui bentuk lisan (bil-lisa>n), tulisan (bil-kalam), dan perbuatan (bil-ha>l), untuk dapat diaplikasikan dan diamalkan dalam bentuk pola pikir dan perilaku secara berulang-ulang hingga membudaya, kemudian objektivasi dimaksudkan terciptanya interaksi sosial antara konsumen muslim dengan produsen dalam pertukaran barang dan jasa yang bernilai maslahah hingga melembaga dilingkungan mal Panakkukang Makassar.
Implikasi penelitian ini : (1) Terciptanya konsumen muslim yang cerdas dan mampu memahami nilai-nilai maslahah yang aktualitatif terhadap perilaku konsumen muslim di Mal Panakkukang Makassar. (2) Membudayanya nilai-nilai maslahah terhadap perilaku konsumen muslim di Mal Panakkukang Makassar yang dapat memengaruhi perilaku dan mekanisme pasar modern yang kapitalisme, konsumerisme, konsumtifisme dan hedonisme, (3) Teraktualisasinya nilai-nilai maslahah dalam ekonomi Islam terhadap perilaku konsumen muslim di mal Panakkukang Makassar.


Ketersediaan
#
Pascasarjana Belum memasukkan lokasi
01447
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Reaktualisasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?