Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Tesis: Sistem Pembelajaran Bahasa Arab Program PIBA Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Penanda Bagikan

Text

Tesis: Sistem Pembelajaran Bahasa Arab Program PIBA Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Rahmat. R - Nama Orang;

Tesis ini membahas tentang sistem pembelajaran bahasa Arab program PIBA Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Adapun sub masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana gambaran sistem pembelajaran bahasa Arab program PIBA Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Tahun Ajaran 2014-2015? 2) Bagaimana hasil pembelajaran bahasa Arab pada program tersebut? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran bahasa Arab pada program tersebut? 4) Bagaimana solusi mengatasi faktor penghambat dalam pembelajaran bahasa Arab pada program tersebut?
Jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di program PIBA Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar dan menggunakan pendekatan paedagogis, pen¬dekat¬¬¬an sosiologis dan pendekatan linguistik. Sumber data penelitian adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen sementara instrumen penelitiannya adalah pedoman wawancara, catatan observasi, dan acuan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Gambaran sistem pembelajaran bahasa Arab program PIBA dapat dilihat pada beberapa komponen, pertama tujuan pembelajaran bahasa Arab pada program tersebut lebih menekankan pada kemampuan menggunakan bahasa secara praktis; kedua materi pembelajaran bahasa Arab bersifat komunikatif dan berbentuk muqarrar; ketiga, jumlah mahasiswa yang mengikuti program PIBA untuk Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 5263 orang yang dikelompokkan sesuai dengan jurusan masing-masing; keempat jumlah mursyid pada program PIBA khusus untuk bahasa Arab adalah sebanyak 123 orang; kelima metodologi pembelajaran yang digunakan oleh mayoritas pengajar adalah metode konvensional; keenam kegiatan pembelajaran dipusatkan di gedung CBP; kelima evaluasi yang dilakukan berupa UTS dan UAS yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. (2) Hasil belajar bahasa Arab pada program PIBA di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar tahun 2014-2015 yaitu mahasiswa yang memperoleh nilai A sebanyak 54.93 %, nilai B sebanyak 31.49 %, nilai C sebanyak 6.10%, nilai D sebanyak 0.57%, dan nilai E sebanyak 6.91%. (3) Faktor pendukung sistem pembelajaran bahasa Arab program PIBA antara lain: pertama, materi pembelajaran yang relevan dengan tujuan pembelajaran program PIBA; kedua, keberadaan pengajar asing (native speaker); ketiga, kegiatan ekstra yang menunjang kebahasaan. Adapun faktor penghambat sistem pembelajaran bahasa Arab pada program ini; pertama, kualitas input dan kemampuan dasar bahasa Arab yang kurang; kedua, motivasi dan minat mahasiswa dalam belajar bahasa Arab, ketiga, sikap defensif mahasiswa terhadap bahasa Arab; keempat, jumlah mahasiswa yang belajar pada setiap kelompok; kelima, kurangnya media yang mendukung pembelajaran, keenam, lingkungan tempat pemusatan pembelajaran yang tidak kondusif; ketujuh, keberadaan sebagian pengajar yang kurang memiliki kemampuan profesional, paedagogik, sosial bahkan kepribadian; kedelapan, alokasi waktu pembelajaran dan penggunaannya yang tidak maksimal; kesembilan, cara pengajar mengevaluasi hasil belajar mahasiswa yang kurang maksimal. (4) Solusi mengatasi faktor penghambat tersebut yaitu pertama, pelaksanaan pembelajaran pada program PIBA harus tepat waktu, menggunakan dan memaksimalkan keefektifan seluruh alokasi waktu yang disediakan; kedua, placement test dan pengelompokan berdasarkan tingkat kemampuan awal mahasiswa terhadap bahasa Arab; ketiga, pengembangan dan penyusunan bahan ajar yang update dan kontekstual berdasarkan pengelompokan tersebut dan memperhatikan tingkat kerumitannya; keempat, rekrutmen pengajar profesional dan berintegritas secara objektif; kelima, memberikan pemahaman kepada pengajar tentang tujuan pembelajaran yang dicanangkan dan mengevaluasi realisasi tujuan tersebut; keenam, menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran; ketujuh, melakukan peningkatan kualitas pengajar; kedelapan, menerapkan metode yang relevan dengan tujuan dan materi; kesembilan, semua pengajar harus memiliki sikap empati dan kepribadian yang baik; kesepuluh, mengasramakan mahasiswa dan menciptakan lingkungan berbahasa; kesebelas, mengadakan kegiatan yang menunjang percepatan pemerolehan bahasa; keduabelas, kepedulian top manager dan koordinasi penyelenggara program PIBA secara intern dan ekstern.
Untuk mewujudkan tujuan menjadikan mahasiswa mampu berkomunikasi bahasa Arab secara verbal, maka kecenderungan pembelajaran yang berorientasi kepada tata bahasa tidak perlu menjadi prioritas. Pengajar juga perlu secara proaktif dan lebih intensif memperhatikan keselarasan antara hasil belajar bahasa Arab yang hendak dicapai mahasiswa dengan implementasinya di lapangan. Selain itu, penyelenggara dan pengajar perlu mendayagunakan solusi untuk mengatasi faktor penghambat pembelajaran bahasa Arab pada program PIBA agar tidak terjadi kegagalan yang bersifat “turun-temurun” dalam mencapai tujuan program tersebut. Mengadakan kerjasama yang konprehensif antara penyelenggara PIBA dan berbagai unsur pimpinan bahkan dengan jurusan dan himpunan mahasiswa jurusan bahasa Arab serta berbagai organisasi mahasiswa pemerhati dan pecinta bahasa Arab lainnya guna mewujudkan upaya intensifikasi pemerolehan dan penguasaan bahasa Arab, khususnya dalam lingkup UIN Alauddin Makassar.


Ketersediaan
#
Pascasarjana Belum memasukkan lokasi
2549
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN BAHASA ARAB., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Bahasa Arab
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?