Text
Tesis: KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN LEMBAGA PENDIDIKAN DI MTs MIFTAHUL KHAIR MARE KECAMATAN MARE KABUPATEN BONE
Kepemimpinan kepala madrasah diartikan sebagai model atau macam-macam kepemimpinan kepala madrasah yang sesuai dengan situasi dalam rangka mempengaruhi, mengarahkan, membimbing kepada bawahan dengan cara memperkuat keyakinan, dukungan, dorongan dan kerjasama dalam rangka mencapai sasaran dan tujuan lembaga pendidikan. Pengembangan suatu lembaga pendidikan bergantung kepada kualitas kepala madrasah sebagai pemimpin pendidikan karena faktor yang sangat penting dalam proses pendidikan adalah lembaga pendidikan yang berkualitas, maka dengan lembaga pendidikan yang berkualitas secara otomatis akan dapat mencetak generasi yang berkualitas pula. Sehingga tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran kepemimpinan kepala madrasah di MTs Miftahul Khair Mare Kecamatan Mare Kabupaten Bone. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi sukses-tidaknya kepemimpinan kepala Madrasah pada MTs Miftahul Khair Mare Kecamatan Mare Kabupaten Bone.(3) Untuk mengetahui strategi pengembangan lembaga pendidikan di MTs Miftahul Khair Mare Kecamatan Mare Kabupaten Bone.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berlokasi di Jl. Watampone Desa Tellu Boccoe Kecamatan Mare Kabupaten Bone, dengan menggunakan pendekatan keilmuan, yaitu pendekatan pendidikan dan kepemimpinan. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya disajikan dalam bentuk yang sesuai sehingga mudah dibaca dan dipahami. Kemudian data dianalisis dan diambil kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala MTs Miftahul Khair Mare dengan serangkaian kemampuan dan karakter yang dimilikinya, mampu melaksanakan tugas-tugasnya sebagai seorang kepala madrasah dengan baik yang diwujudkan dalam kemampuan mempengaruhi, mengarahkan, meyakinkan, memotivasi yang dipimpinnya dengan penuh tanggung jawab untuk mengembangkan lembaga pendidikan madrasah yang berkualitas. Selanjutnya, kepala madrasah menyusun dan merumuskan program pengembangan madrasah dengan strategi yang dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan dari kondisi yang ada hingga saat ini. Adapun program pengembangan pada lembaga MTs Miftahul Khair Mare terdiri dari; Pertama, pengembangan kurikulum dan manajemen pembelajaran dengan stategi peningkatan kompetensi guru, pengadaan buku perpustakaan, peningkatan pencapain kriteria ketuntasan minimal, pembuatan jadwal kegiatan ekstrakurikuler, peningkatan minat baca peserta didik. Kedua, pengembangan administrasi dan manajemen madrasah dengan strategi penyusunan program jangka panjang, penyelesaian laporan akhir tahun, maksimalisasi program kerja kepala madrasah, penyusunan jadwal pertemuan dengan para guru dan orang tua serta masyarakat, pengadaan kelengkapan daftar inventaris sarana dan prasarana. Ketiga, pengembangan organisasi dan kelembagaan dengan strategi sosialisasi tentang peraturan madrasah. Keempat, peningkatan sarana dan prasaranadengan stategi penambahan ruangan, pengadaan alat praktikum IPA, penambahan komputer dan perangkatnya, melengkapi sarana olahraga. Kelima, peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan stategi peningkatan kualifikasi dan kompetensi guru. Keenam, peningkatan pembiayaan dan pendanaan dengan strategi penyesuaian APBM dengan RAPBM. Ketujuh, peningkatan prestasi peserta didik dengan strategi peningkatan jumlah peserta didik dan rombel, peningkatan kehadiran peserta didik, peningkatan kegiatan pembelajaran, peningkatan nilai rapor serta nilai US dan UN. Kedelapan, peningkatan peran serta masyarakat dengan stategi penyusunan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga komite madrasah, penyusunan jadwal pertemuan antara pihak madrasah dengan komite madrasah, sosialisasi, peningkatan akuntabilitas. Kesembilan, peningkatan kualitas lingkungan dan budaya madrasah dengan strategi kebersihan lingkungan madrasah. Dari hasil analisis program pengembangan tersebut, dapat dikatakan bahwa kepala MTs Miftahul Khair Mare dalam meningkatkan mutu pendidikan dapat dilihat dari kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu input, proses dan output pendidikan.
Implikasi penelitian ini diharapkan bagi seluruh personil madrasah agar berupaya untuk mengembangkan lembaga pendidikan yang berkualitas dengan semaksimal mungkin agar mampu bersaing, khususnya dengan lembaga pendidikan umum yang ada di Kecamatan Mare dan terkhusus buat kepala madrasah agar berupaya meningkatkan kemampuan kepemimpinannya, baik melaui pendidikan dan latihan kepemimpinan maupun belajar dari buku-buku mengenai teori-teori kepemimpinan. Diharapkan kepada masyarakat, sebaiknya lebih meningkatkan kepeduliannya terhadap lembaga pendidikan madrasah. Diharapkan bagi peneliti untuk melanjutan daya kajian yang lebih luas dan lebih sempurna tentang berbagai faktor peluang dan tantangan bagi kepemimpinan kepala madrasah serta strategi yang tepat dalam mengembangkan lembaga pendidikan khususnya Madrasah Tsanawiyah.
Tidak tersedia versi lain