Text
TESIS: PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI STAF AKADEMIK DI LINGKUNGAN FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Masalah pokok penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kompetensi,
motivasi dan kompensasi terhadap kinerja pegawai staf akademik di lingkungan
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Pokok masalah tersebut
kemudian diturunkan dalam submasalah atau pertanyaan penelitian, yaitu : 1)
Bagaimana gambaran kompetensi pegawai staf akademik di lingkungan Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar?, 2) Bagaimana gambaran motivasi
pegawai staf akademik di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN
Alauddin Makassar?, 3) Bagaimana gambaran kompensasi pegawai staf akademik di
lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar?, 4)
Bagaimana gambaran kinerja pegawai staf akademik di lingkungan Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar?, 5) Apakah terdapat pengaruh
kompetensi terhadap kinerja pegawai staf akademik di lingkungan Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan UIN Alauddin Makassar?. 6) Apakah terdapat pengaruh motivasi
terhadap kinerja pegawai staf akademik di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Alauddin Makassar?. 7) Apakah terdapat pengaruh kompensasi
terhadap kinerja pegawai staf akademik di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Alauddin Makassar?. 8) Apakah terdapat pengaruh kompetensi,
motivasi dan kompensasi secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai staf
akademik di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar?.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan analisis
deskriptif dan inferensial kategori ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh pegawai staf akademik di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN
Alauddin sebanyak. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh sebanyak 52
orang pegawai staf akademik. Angket yang terkumpul sebanyak 30 pegawai staf
akademik di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin. Adapun
teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuesioner/angket, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif ditemukan bahwa kompetensi
pegawai masuk pada kategori tinggi, motivasi, kompensasi dan kinerja juga
berada pada kategori tinggi. Kemudian uji pengaruh secara parsial menunjukkan
bahwa kompetensi memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai
dengan nilai thitung sebesar 2.494 lebih besar dari ttabel sebesar 2.048 dan sigxxiv
0,019 lebih kecil 0,05. Variabel motivasi juga berpengaruh signifikan terhadap
kinerja pegawai dengan nilai thitung sebesar 4,074 lebih besar dari ttabel sebesar
2.048 dan sig 0,00 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan variabel kompensasi tidak
berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai dengan nilai thitung sebesar
0,717 lebih kecil ttabel sebesar 2.048 dan sig 0,479 lebih besar 0,05. Kemudian
hasil uji f atau pengaruh secara bersama-sama antara kompetensi, motivasi dan
kompensasi terhadap kinerja pegawai staf akademik di lingkungan Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar menunjukkan Fhitung sebesar
6,624 lebih besar dari Ftabel sebesar 2.96 dan sig (p) 0,02 lebih kecil dari 0,05
maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh signifikan
kompetensi, motivasi dan kompensasi secara bersama-sama terhadap kinerja
pegawai staf akademik di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN
Alauddin Makassar.
Implikasi penelitian ini bahwa kompetensi dan motivasi memberikan
pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai menunjukkan perlu adanya
peningkatan kedua variabel tersebut agar dapat memberikan pengaruh signifikan
terhadap kinerja pegawai. sedangkan kompensasi tidak berpengaruh signifikan
artinya dalam memberikan kompensasi terhadap pegawai perlu kesesuain kinerja
dengan kompensasi yang diterima pegawai. kemudian secara bersama-sama variabel
kompetensi, motivasi dan kompensasi memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja
pegawai staf akademik di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN
Alauddin Makassar. Dengan demikian untuk mencapai peningkatan maksimal
peningkatan pada tiga variabel bebas tersebut perlu ditingkatkan secara bersamasama.
Tidak tersedia versi lain