Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of DISERTASI: Pengembangan bahan ajar pendidikan islam dengan pengintegrasian nilai-nilai pendidikan islam dalam budaya bimapada taman pendidikan al-Qur'an dikec. sape kab. bima
Penanda Bagikan

Text

DISERTASI: Pengembangan bahan ajar pendidikan islam dengan pengintegrasian nilai-nilai pendidikan islam dalam budaya bimapada taman pendidikan al-Qur'an dikec. sape kab. bima

abdul munir - Nama Orang;

Pokok masalah dalam penelitian ini adaiah 'Bagaimana Bahan Ajar
Pendidikan Islam dengan mengintagrasikan nilai-nilai pendtdtkan {slam dalatn
budaya Bima pada Tatnan ?endidikaa al-Qur'aa di Ktcamatan Sape Kabupaten
llima?. Pokok masalah ini dirumusk*n dalam beberapa sub masalah yaitu: 1)
Bagaimana Bahan Ajar Pendidikan Islam yang dibuluhkan pada Teunan Pendidikan
al-Qur'an di Kecamatan Sape Kabupaten Birra? 2) tsagaimana Pengembangeur
llahan Ajar Pendidikan Isiam dengm Pengintegrasian Nilai-nilai Pendidikan lslam
Qglalli. Budaya l"iima pada Taman Pendidikan al-Qur'an di Kecamatan Sape
Kabupaten Bima? 3) Bagaimana efektifitas bahan ajar pendidika* Islam dengar
pengintegrasian niiai-nilai pendidikan Islam dalam budaya Bima pada Taman
Pendidikan al-Qur'an di Kecamatan Sape Kabupaten Bima? 4) Bagaimana respon
masyarakat dan pemerinlah terhadap penerapan Pendidikai Islam yang
mengintegrasikan niiai- nilai pendidikau Islarn dalam budaya Bima?
Fenelitian ini menggurakan model Research and De*rlopmear (R&D) yang
diadaptasi menjadi tiga tahap utarna yaitu: li tahap pendahuluan; 2) tahap
Pengembangan; dan 3) tahap irnplementasi. llalam ha1 iai akan dihasilkan produk
lqrripa bahan ajar Pendidikan Islam dengan pengintegrasian nilai-nilai peirdidikan
Islarn daiam Budaya Bima sebagai buku bahan ajar Pendidikan Islam untuk
diterapkarr pada Tarnan Pendidikan al-Qu'ur di Kecamatan Sape Kabupaten Bima.
,
Hasil penelitian menunjukan trahwa: l) Kebutuhan bahan ajar pada TPQ di
Kecamatan Sape meliputi ketersediaan, fuagsi. komponen, prinsip-prinsip, bahasa,
dan kegrafikan dengan mengguuakan pendekatan ko*e-kstuai dalam
peinbelajarannya. Ketrtrtuhair materi bahan ajar pendidikan Islam meliputi 5 {enam)
aspek yaitu: Aspek Kejujru'an, Aspek Malu dan Takut, Aspek Alanr, Aspek Sosial
Aspek Amanah, da:r Aspek Kepernimpinan. Patla muatan materi nilai-nilai Budaya
Rima meliputi Aspek mat'a iabo dahu, Aspek Ngaha aina Ngoho, Aspek Edesi ntlai
Swa rlou Labo Daaa, Aspek suu sa wau Twdu sa wale, Aspek hsgatli raw; patza
Aspek Renta ba Rer4 Ka Poda aa Ade, Karawi ba weki, Aspek Ka fapa Taho Sama
Tewe Sama Lemba. Pada aspek-aspek nilai-nilai Budaya Bima dengar kategori
s*rgat dibutuhkan. 2) Bahan ajar dikembangkan dengan mengikuti desain struktur
fisik dan msngacu pada prinsip-prinsip yang teiah ditetapkan, seperti: a) Relevansi
b) Konsistensi, c) kepraktisan. 3) Ef'ektifitas bahzur ajar pendidikan Islam dengan
pengintegrasian nilai-nilai pendidikan lslam dalam budaya Bima dinyatakan telah
ef'ektif dan dapat digunakan rintuk pembelajaran masa yang akan datang. 4) Respon
masyarakat dan pemerintah terhadap penerapan pendidikan Isiam dengan integiasi
nilai-nilai budaya bersifat positif yaitu: mengapresiasi, mendorong, antusias,- dan
menjadikan program utama pemerintah l(ecarnatao Sape l{.abupaten Bima.
Penelitian ini berirnplikasi pada pengembangan bahan ajar pendidikan Islam
dengan penambahan pola pelaksara&a pendidikan yang sudah berjalan sebelunrnya di
Taman Pendidikan al-Qur'an yang ada di Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Pala
pelaksanaan pendidikan yang selama ini terbatas pada pembiraan membaca al Qur'an tanpa menierhatikan aspek lain seperti nilai-nilai Islam dan juga nilai budaya.
Oleh karena itu, pengembang€n bahan'ajar ini memberikan stuilfangsi terhadap
masyarakat untuk mempermudah pengualaa dimensi agama dan budaya yang sud.ab
dikenal sehingga menjadi embrlo rutinitas kegiaian keagarnaan yang t;rorganlsir daa
sjstematis uqtuk mengata*i kevakunrau penyelonggaraan pendidikail l*lam pada
masyarakat Bima.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 2X7.3 MUN p
0232318
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3 MUN p
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.3 pendidikan islam
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?