Text
DISERTASI: Evaluasi program pelaksanaan kegiatan penjaminan mutu (suatu pendekatan model stakes counterance evaluatif di universitas muhammadiyah makassar)
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk memberikan gambaran realitas
pemenuhan SDM pendidik pada tahapan masukan (antecedents) di Universitas
Muhammadiyah Makassar, 2) untuk memberikan gambaran realitas pelaksanaan
standar isi pembelajaran pada tahapan masukan (antecedents) di Universitas
Muhammadiyah Makassar, 3) untuk memberikan gambaran pelaksanaan
pembelajaran pada tahapan proses (transactions) di Universitas Muhammadiyah
Makassar, dan 4) untuk memberikan gambaran hasil capaian mutu lulusan pada
tahapan hasil (output dan outcomes) di Universitas Muhammadiyah Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan jenis penelitian
kombinasi (mixed methods). Pendekatan penelitian, yaitu: pendekatan studi kasus.
Sumber data penelitian ini terdiri atas Rektor, Wakil Rektor I, Wakil Rektor III,
Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Ketua Unit Penjaminan Mutu Fakultas, dan
Kasubdit SDM Universitas dan yang menjadi responden yaitu 32 Ketua Prodi dan 70
Ketua Tingkat. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, studi dokumentasi, dan
lembar observasi. Penilaian untuk setiap aspek evaluasi dikategorikan menjadi tiga
tingkatan: tinggi, sedang, dan rendah. Pengambilan keputusan dikategorikan menjadi
tiga tingkatan: tercapai, kurang tercapai, dan tidak tercapai.
Penelitian evaluasi ini memberikan beberapa kesimpulan, yaitu: 1) realitas
pemenuhan SDM pendidik di Universitas Muhammadiyah Makassar pada tahapan
masukan (antecedents) menunjukkan bahwa: (a) rekruitment dosen baru sudah
tercapai sesuai dengan standar objektif yang ditentukan dan (b) persyaratan
administrasi dosen dari 4 subaspek yang dievaluasi sudah menunjukkan ketercapaian.
2) realitas pelaksanaan standar isi pembelajaran pada tahapan masukan (antecedents)
di Unismuh Makassar menunjukkan bahwa, dari 8 subaspek yang dievaluasi
semuanya sudah tercapai, 3) gambaran pelaksanaan pembelajaran di Unismuh
Makassar pada tahapan proses (transactions) menunjukkan bahwa: (a) penguasaan
dosen dalam menyusun dan menyiapkan administrasi perkuliahan dari 7 subaspek
yang dievaluasi terdapat 6 subaspek telah memenuhi kriteria objektif dan 1 subaspek
yang kurang tercapai yaitu kemampuan dosen dalam menyusun buku ajar, b)
penguasaan dosen dalam pelaksanaan perkuliahan menunjukkan bahwa dari 15
subaspek yang dievaluasi 13 subaspek sudah tercapai sesuai standar objektif dan 2
subaspek yang belum terpenuhi yaitu dosen tidak memberikan sanksi kepada mahasiswa
yang terlambat 30 menit dalam mengikuti perkuliahan dan dosen belum menyampaikan
materi kuliah dengan berbasis IT, c) interaksi dosen dengan mahasiswa dalam
perkuliahan, dari 4 subaspek yang dievaluasi semuanya telah memenuhi standar
objektif, dan d) kemampuan dosen dalam melakukan evaluasi hasil perkuliahan
menunjukkan bahwa dari 12 subaspek yang dievaluasi terdapat 10 subaspek sudah
tercapai sesuai standar objektif dan 2 subaspek kurang terpenuhi, 4) hasil capaian
mutu lulusan di Unismuh Makassar pada tahapan hasil (output dan outcomes)
menunjukkan bahwa: (a) sebagian besar mahasiswa dapat menyelesaikan studinya
tepat waktu yaitu 4 tahun dengan presentasi 65,58% dengan kategori cukup
memuaskan, b) peringkat IPK lulusan menunjukkan bahwa lebih banyak lulusan yang
mendapatkan IPK >3,50-4,00 dengan persentasi 60,34%, (c) rata-rata masa tunggu
alumni mendapatkan pekerjaan di bawah 6 bulan dengan presentasi ketercapaian
sebesar 68,10%, d) relevansi pendidikan dan pekerjaan alumni menunjukkan lebih
banyak yang bekerja relevan pendidikannya dengan ketercapaian 76,14% dibanding
yang tidak relevan pendidikannya.
Implikasi penelitian, perlunya memaksimalkan pelaksanaan penjaminan mutu
sesuai dengan standar objektif yang telah ditetapkan, sehingga mutu Unismuh
Makassar dapat terus ditingkatkan.
Tidak tersedia versi lain