Text
TEsis: Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar siswa pada Smp Negeri 4 Baubau
Tesis ini membahas tentang Pengaruh Kecerdasan Emosional dan kecerdasan Spiritual
Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa pada SMP Negeri 4 Baubau. Rumusan
masalahnya adalah apakah ada pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spritual
terhadap Hasil Belajar Siswa. Tujuan penulisannya adalah (1) Untuk Menganalisis dan Mengkaji
Pengaruh Kecerdsan Emosional terhadap Hasil Belajar Siswa (2) Untuk Menganalisis dan
Mengkaji Pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Hasil Belajar Siswa (3) Untuk Menganalisi
dan Mengkaji Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spritual terhadap Hasil Belajar
Siswa SMPN 4 Bauabau.
Penelitiaan ini termasuk dalam jenis penelitian Ex-post Facto. Sesuai dengan artinya
yakni“dari apa dikerjakan setelah kenyataan. Penelitian ini untuk meneliti gejala dan menemukan
fenomena yang disebabkan oleh suatu peristiwa atau hal-hal yang menyebabkan perubahan pada
fariabel yang secara keseluruhan sudah terjadi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
kuantitatif, ditandai dengan adanya analisis statistik dengan deskriptif dan inferensial,
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian terkadang lebih dari satu pendekatan yaitu
Pendekatan Teologis Normatif,dan Pendekatan Positivistik,.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan antara
kecerdasan emosional dengan hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau dengan
hasil hipotesisi uji parsial diperoleh nilai Sig. adalah 0,040 atau lebih kecil dari nilai probabilitas
0,05 (sig 0,040 < 0,05) maka hipotesis H0 ditolak . Tidak Terdapat pengaruh yang signifikan
antara kecerdasan spiritual dengan hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau
diperoleh nilai Sig. adalah 0,781 atau lebih besar dari nilai probabilitas 0,05 (sig 0,000 < 0,05)
maka H0 diterima. Tidak Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan
kecerdasan spiritual dengan hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau diperoleh
nilai Sig. adalah 0,110 atau lebih besar dari nilai probabilitas 0,05 (sig 0,110 > 0,05) maka
hipotesis H0 diterima
Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan Guru PAI dalam meyusun perangkat
pembelajaran hendaknya menyadari bahwa setiap aspek kecerdasan baik kecerdasan Emosional
maupum Kecerdasan Spiritual yang dimiliki siswa mempengaruhi hasil belajar siswa,
Sehubungan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam maka
diperlukan usaha-usaha dari guru khususnya dalam mendorong para siswa untuk lebih giat
belajar, hanya belajar dengan giat ini bagi siswa yang IQ rendah maupun yang IQ tinggi
dipastikan hasil belajar yang diperolehnya akan meningkat dengan baik bila mendapat dorongan
peningkatan kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spritual kepada siswa.
Tidak tersedia versi lain