Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of DISERTASI: Komparansi sistem pembelajaran ber4basis paham keagamaan pada pondok pesantren an-nahdlah dan pondok pesantren wahdah islamiyah di kota makassar
Penanda Bagikan

Text

DISERTASI: Komparansi sistem pembelajaran ber4basis paham keagamaan pada pondok pesantren an-nahdlah dan pondok pesantren wahdah islamiyah di kota makassar

badruzzaman - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menemukan gambaran paham keagamaan
yang dikembangkan di Pesantren An-Nahdlah dan Pesantren Wahdah Islamiyah, 2)
menemukan dan mendeskripsikan persamaan dan perbedaan sistem pembelajaran
berdasarkan paham keagamaan yang dianut di Pesantren An-Nahdlah dan Pesantren
Wahdah Islamiyah.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan religi,
interaksi simbolik, dan edukatif. Adapun sumber data penelitian ini adalah pimpinan
pesantren, guru (ustaz dan ustazah), dan santri. Dokumen tambahan diperoleh dari
arsip dan literatur yang terkait dengan profil, kurikulum, serta kitab rujukan
pembelajaran kedua pesantren sasaran. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Tahap
selanjutnya adalah teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui
identifikasi data, reduksi data, klasifikasi data, sintesis data, verifikasi data, dan
penyimpulan hasil penelitian.
Penelitian ini menemukan: 1) Kedua pesantren sasaran mengembangkan
paham keagamaan Ahlusunah Waljamaah, tetapi berbeda sumber ajaran. Pesantren
An-Nahdlah mengembangkan paham keagamaan yang bersumber dari Abu Hasan al
Asy’ari dan Imam Abu Mansur al Maturidi (aspek akidah), mengikuti mazhab empat
yaitu Hanafi, Maliki, Syafii, dan Hambali (aspek fikih), mengikuti paham Imam
Junaid al-Bagdadi dan Imam al-Gazali (aspek tasawuf), dan dalam peran sosial
menganut sikap tawa>sut} dan I‘tida>l, tasa>muh, tawa>zun dan amar ma’ruf nahi
munkar. Sementara paham keagamaan yang dikembangkan oleh Pesantren Wahdah
Islamiyah mendasarkan pada Alquran dan Sunah sesuai pemahaman Salaf Saleh
dengan menjadikan paham keagamaan Mutharrif bin Abdilllah Shikhkhir al-Amiri al
Harasyi al-Basri sebagai sumber ajaran. Empat prinsip ajaran yang dikembangkan di
Pesantren Wahdah Islamiyah, yaitu (a) Rasulullah adalah qudwah; (b) mengikuti
Alquran dan Sunah sesuai paham Salaf Saleh; (c) tidak ada makhluk yang maksum,
dan (d) tidak ada ijtihad kecuali atas pertimbangan Alquran dan Sunah menurut
pemahaman Salaf Saleh. 2) Paham keagamaan diajarkan secara monolitik di
Pesantren An-Nahdlah yaitu mata pelajaran Ke-NU-an dan Aswaja serta pengajian
kitab-kitab klasik. Sementara di Pesantren Wahdah Islamiyah paham keagamaan
diajarkan secara terintegrasi dengan lima mata pelajaran agama madrasah yang
merujuk pada kitab-kitab terbitan Arab Saudi.
Implikasi penelitian ini adalah: paham keagamaan telah masuk sebagai salah
satu bagian dari sistem pembelajaran. Kondisi ini dapat menimbulkan dua hal, yaitu
rahmat dan potensi perpecahan. Perbedaan paham keagamaan yang dikembangkan
oleh kedua pesantren sasaran masih dapat ditolerir sebab keduanya beraliran Ahlusunah Waljamaah. Untuk mengantisipasi dampak kedua (potensi perpecahan)
maka penelitian merekomendasikan: 1) Pendidikan paham keagamaan hendaknya
diakomodasi sebagai salah satu bagian dari Sistem Pendidikan Nasional, dapat
berbentuk monolitik atau terintegrasi dengan mata pelajaran lain 2) Diperlukan
kebijakan penyediaan komponen sistem pembelajaran untuk mendukung pendidikan
paham keagamaan, yaitu guru, sumber ajar, saran dan prasarana, strategi, dan
evaluasi


Ketersediaan
#
Pascasarjana 371.36
0239318
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?