Text
Disertasi: kompetisi guru pai dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan islam pada peserta didik di madrasah aliyah kota manado
Kompetensi guru Pendidikan Agama Islam adalah seperangkat kemampuan
yang dimiliki oleh seseorang dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang
diembangnya secara profesional. Kompetensi guru yang dimaksudkan di sini adalah
kemampuan yang dimiliki oleh guru dalam menginternalisasian nilai-nilai
pendidikan Islam pada peserta didik di Madrasah Aliyah Kota Manado. Adapun
yang dimaksud dengan internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam yaitu proses yang
dilakukan oleh guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan pada peserta didik di
Madrasah Aliyah Kota Manado. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
dan menganalisis kompetensi pedagogik dan profesional guru Pendidikan Agama
Islamdi Madrasah Aliyah Kota Manado, menggambarkan nilai-nilai pendidikan
Islam pada peserta didik di Madrasah Aliyah Kota Manado, mendeskripsikan
metode penginternalisasian nilai-nilai pendidikan Islam pada peserta didik di
Madrasah Aliyah Kota Manado, dan mengidentifikasi faktor pendukung dan
penghambat penginternalisasian nilai-nilai pendidikan Islam pada peserta didik di
Madrasah Aliyah Kota Manado.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis
datanyamelalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menyatakan bahwa realitas kompetensi guru mata pelajaran
agama Islam di Madrasah Aliyah Kota Manado, khususnya yang terkait dengan
kompetensi pedagogik dan kompetensi profesionalnya belum mampu diterapkan
secara maksimal. Hal tersebut terlihat dari kemampuannya dalam menyusun
silabus dan RPP masih sering meng-copy paste dari teman-teman sejawatnya.
Selain itu, dalam menggunakan media pembelajaran, khususnya yang terkait
dengan teknologi informasi, pada umumnya mereka belum mampu mengoperasikan
dan mengaplikasikannya dengan baik. Adapun gambaran nilai-nilai pendidikan
Islam pada peserta didik di Madrasah Aliyah Kota Manado, apabila ditinjau dari
aspek kedisiplinannya dalam mengikuti kegiatan di madrasah, kesopanan dalam
bertutur kata, dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diamanahkan
kepadanya, pada umumnya sudah mampu diterapkan dengan baik, namun jika
dilihat dari aspek sikap kepedulian sosialnya terhadap peserta didik, masih perlu
dilakukan pembinaan secara intens karena masih banyak ditemukan peserta didik
yang memiliki tingkat kepedulian sosial yang rendah. Hal tersebut terlihat ketika
ada temannya yang sakit, masih sering ditemukan peserta didik yang bersifat acuh
terhadap temannya tersebut. Upaya guru mata pelajaran agama Islam
Tidak tersedia versi lain