Text
Tesis: sinergi pengasuhan orang tua dan guru dalam penerapan nilai-nilai pendidikan Islam anak usia dini di TK se kecamatan Walio kota Bau-bau
Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sinergi pengasuhan
orang tua dan guru dalam penerapan nilai – nilai pendidikan Islam anak usia dini di
TK se kecamatan Wolio Kota Baubau, kemudian di breakdown ke dalam beberapa
sub masalah atau pertanyaan penelitian, yaitu 1) Apakah ada sinergi Pengasuhan
orang tua dan guru dalam penerapan nilai-nilai pendidikan Islam Anak Usia Dini di
Baubau ?, 2) Bagaimana bentuk Pengasuhan guru pada anak usia dini di TK Kec.
Wolio Kota Baubau ?, Tujuan penelitian dalam tesis ini adalah Untuk 1) mengetahui
sinergi Pengasuhan orang tua dan guru secara bersama-sama dalam penerapan nilainilai
pendidikan Islam Anak Usia Dini di Baubau, 2) Untuk mengetahui bentukbentuk
sinergi orang tua dan guru dalam pengasuhan anak usia dini di TK Kec.
Wolio Kota Baubau.
Jenis penelitian tergolong penelitian Kuantitatif research dengan pendekatan
penelitian yang di gunakan adalah: kuantitatif dan psikologi . Adapun metode
pengumpulan data adalah kuisioner (angket ) dan Dokumentasi. Tekhnik pengolahan
dan analisis data yaitu melalui Analisis data dilakukan dengan menggunakan
pendekatan statistik dengan teknik korelasi product moment dan korelasi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil analisis data
menunjukkan sig. F 0.00 ‹< 0.005 maka dapat di simpulkan bahwa ada sinergi
Pengasuhan orang tua dan guru terhadap penerapan nilai – nilai pendidikan Islam
anak usia dini. Tingkat keeratan di lihat dari R (Koefisien korelasi) = 0.982 maka
nilai korelasi kategori sangat tinggi. Adapun kegiatan orang tua dan guru terdapat
pada kelas orang tua, paguyuban orang tua, pengajian rutin, serta terdapat dalam
Whatsapp masangger. Bentuk pengasuhan guru dalam penerapan pendidikan Islam
anak usia dini di TK se kecamatan Murhum Korelasi Product Moment nilai signnya
adalah 0.000, korelasi guru dan nilai pendidikan Islam 0.628 dengan kategori sedang.
Maka berdasarkan Hasil Analisis Korelasi Product Moment menunjukan ada sinergi
guru dalam penerapan nilai pendidikan Islam, sedangkan.tersebut ada sinergi guru
dan nilai pendidikan Islam. Bentuk pengasuhan guru : standar operasional prosedur,
indikator pembelajaran, serta Tempat Pengajian Alquran (TPA).
Implikasi dari penelitian ini adalah : 1. Orang tua diharapkan membangun
keakraban yang hangat dan bersahabat serta membina situasi yang dapat
menerapkan nilai – nilai pendidikan islam anak usia dini pada anaknya di rumah.
Orangtua juga diharapkan melakukan komunikasi yang intensif dengan pihak
sekolah, dalam hal ini adalah guru pembimbing untuk mengetahui sejak dini
perkembangan anak dan secara bersama-sama menerapkan nilai-nilai pendidikan
anak usia dini secara terpadu. 2. Guru diharapkan agar membuat strategi penerapan
nilai Pendidikan Islam anak usia dini dalam pengajaran yang dilaksanakan. Guru
juga diharapkan dapat menyelenggarakan Pembelajaran Aktif, Kreatif dan
Menyenangkan dengan memperhatikan keunikan dan daya kreatif anaknya dan dapat
mendukung pengembangan Pendidikan Islam. 3. Guru diharapkan mampu membuat
program yang mendukung penerapan nilia-nilai pendidikan anak. Lebih lanjut,
diharapkan guru juga dapat menganalisis kebutuhan anak, menghargai keunikan
anak dan berorientasi pada pengembangan Pendidikan islam anak. 4. Guru sebagai
xviii
pusat pelaksanaan proses belajar di sekolah diharapkan dapat membina hubungan
kerjasama dengan guru dan orangtua untuk bersama-sama menciptakan lingkungan
kondusif dalam upaya penerapan nilai-nilai pendidikan islam anak. Kerjasama dapat
dilakukan dengan membahas secara intensif upaya pengembangan Keimanan, Ibadan
dan Akhlak , dilaksanakan dalam pertemuan rutin antara guru dan orangtua setiap
bulan. 5. Diharapkan kepada peneliti berikutnya agar dapat memperkaya penulisan
ini dengan meneliti kontribusi variabel lainnya yang diperkirakan juga turut
mempengaruhi penerapan nilai–nilai pendidikan islamanak usia dini.
Tidak tersedia versi lain