Text
Disertasi: implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan agama islam dalam kurikulum 2013 di SMA negeri kota palopo
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui proses pendidikan karakter
yang diterapkan oleh guru pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam K-
13 di SMA Negeri Kota Palopo, 2) untuk mengetahui pelaksanaan nilai-nilai
pendidikan karakter yang diterapkan oleh guru pada pembelajaran Pendidikan
Agama Islam dalam K-13 di SMA Negeri Kota Palopo, dan 3) untuk mengetahui
hasil yang dicapai dalam implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dalam K-13 di SMA Negeri Kota Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan
desain deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 3
Kota Palopo. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah implementasi
pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI SMA yang terpusat pada penerapan
lima nilai utama pendidikan karakter, yaitu: nilai religius, nilai nasionalis, nilai
kemandirian, nilai gotong-royong, dan nilai integritas. Subjek penelitian, yaitu:
guru PAI, siswa, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan kepala sekolah.
Adapun hasil penelitian, yaitu: Pertama, proses pendidikan karakter yang
diterapkan oleh guru PAI K-13 di SMA Negeri Kota Palopo, pada tahap
perencanaan guru PAI belum sampai pada inovasi yang maksimal dalam
melakukan analisis kurikulum, pada tahap pelaksanaan guru PAI hanya
memahami dalam bentuk ibadah dan kegiatan positif siswa, dan pada tahap
evaluasi guru PAI hanya menilai melalui tingkah laku yang ditunjukkan oleh para
siswa. Kedua, implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yang diterapkan oleh
guru PAI K-13 di SMA Negeri Kota Palopo bersumber dari sikap keteladanan
guru, yang tercermin pada: a) nilai religius terlihat pada kegiatan salat berjamaah
siswa sebelum pulang sekolah; b) nilai nasionalis terlihat para siswa tepat waktu
datang ke sekolah pada upacara bendera; c) nilai kemandirian terlihat para siswa
mengerjakan tugas yang diberikan guru secara mandiri; d) nilai gotong royong
terlihat para siswa bekerja bakti setiap Jumat membersihkan halaman sekolah; dan
e) nilai integritas terlihat para siswa memiliki tanggung jawab dan mengakui jika
bersalah. Ketiga,hasil yang dicapai dalam implementasi pendidikan karakter pada
pembelajaran PAI dalam K-13 di SMA Negeri Kota Palopo, yakni terjadi
perubahan sikap dan perilaku siswa, antara lain: a) menjadi rajin melaksanakan
salat; b) tumbuhnya jiwa nasionalisme pada siswa; c) lebih rajin belajar; d)
memiliki kepedulian kepada sesama; dan e) bertanggung jawab atas segala
perbuatannya.
Implikasi dari penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran PAI ini
dapat dikembangkan melalui pengintegrasian pendidikan karakter dengan nilainilai
kearifan lokal sehingga terintegrasi dengan nilai-nilai pendidikan yang
diterima siswa pada lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.
Tidak tersedia versi lain