Text
TESIS: Dakwah melalui desain grafis (studi fenomenologi aktivitas dakwah grafis pada mislim designer community)
Pokok masalah penelitian ini adalah: bagaimana dakwah melalui desain grafis
(studi fenomenologi aktivitas dakwah grafis pada Muslim Designer Commnunity)?
Pokok masalah tersebut dirumuskan dalam tiga submasalah atau pertanyaan
penelitian, yakni: 1) Bagaimana aktivitas dakwah grafis Muslim Designer
Community?; 2) Mengapa Muslim Designer Community melaksanakan dakwah
grafis?; dan 3) Bagaimana konstruksi makna dakwah grafis bagi anggota Muslim
Designer Community?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (qualitative research) dan
berdasarkan tempat atau lokasi penelitiannya, penelitian ini adalah penelitian
lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian: sosiologis dan ilmu dakwah.
Adapun sumber data primer penelitian ini adalah 20 (dua puluh) orang anggota
Muslim Designer Community, sementara sumber data sekundernya adalah bacaan
atau referensi yang relevan dengan topik penelitian ini. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah wawancara terbuka, observasi partisipan, dan telaah
dokumen. Lalu, data dianalisis dengan teknik analisis data fenomenologi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) aktivitas dakwah grafis Muslim
Designer Community, baik di dunia nyata maupun di dunia maya (internet)
mencerminkan dua dimensi besar dari aktivitas dakwah, yakni dimensi penyampaian
risalah atau kerisalahan (bi ahsan al-qawl) dan dimensi kerahmatan atau
pengaplikasian nilai kebenaran (bi ahsan al-‘amal); 2) motif Muslim Designer
Community melaksanakan dakwah grafis dapat dilihat dalam dua fase, yakni motifsebab (because-motive) dan motif-untuk (in-order-to-motive). Motif-sebab yang
ditemukan adalah motif kebetulan (accidental) dan motif kesengajaan (intentional).
Sementara motif-untuk yang ditemukan adalah tujuan umum (goals) dan tujuan
spesifik (objectives); dan 3) Muslim Designer Community memaknai aktivitas
dakwah grafis sebagai bentuk dakwah visual, penanda perubahan persepsi masyarakat
tentang dakwah, refleksi gerakan dakwah kontemporer, pengkonter visualis mungkar,
dan pendorong bersatunya visualis dakwah.
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Muslim Designer Community
diharapkan terus bergerak responsif menjawab berbagai masalah-masalah aktual
umat, bukan hanya seputar keagamaan, namun segala bidang kehidupan yang
menghajatkan kontribusi dakwah berbasis desain grafis, termasuk dimensi yang
kurang mendapat perhatian oleh dai sejauh ini, yakni kesenjangan atau ketidakadilan
sosial, tingginya tingkat kriminalitas, dan sebagainya; 2) Dakwah grafis patut mendapat dukungan dan partisipasi aktif masyarakat umum, khususnya umat Muslim,
baik secara materiil maupun moril. Setidaknya, membantu penyebaran dakwah grafis
melalui saluran (accounts) media sosial masing-masing; dan 3) Eksistensi dakwah
grafis perlu diperkuat dengan kajian-kajian secara akademis, publikasi melalui jurnal
ilmiah, maupun publikasi di media massa, sehingga dakwah grafis dapat terus
dikembangkan. Bila tidak demikian, maka dakwah grafis, baik sebagai suatu
alternatif sarana dakwah maupun sebagai objek kajian ilmiah, akan jalan di tempat
bahkan mandek.
Tidak tersedia versi lain