Text
OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI DEPARTEMEN SASTRA ASIA BARAT UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR
Penulisan tesis ini dilakukan untuk memperoleh gambaran obejektif tentang
Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Departemen Sastra Asia Barat Universitas
Hasanuddin Makassar., dengan submasalahnya yaitu: 1) Bagaimana pembelajaran bahasa
Arab pada Departemen Sastra Asia Barat ? 2) Bagaimana faktor pendukung dan
penghambat perwujudan pembelajaran bahasa Arab pada Departemen Sastra Asia Barat
? dan 3) Bagaimana optimalisasi pembelajaran bahasa Arab di Departemen Sastra Asia
Barat ?
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan jenisnya tergolong
kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi sehingga melahirkan hasil analisis yang lebih komprehensif. Penelitian ini
menggunakan pendekatan pedagogis, psikologis, sosiologis dan linguistik. Penetapan
sumber data dilakukan secara purposive dan teknik analisis data menggunakan analisis
teori Miles dan Huberman, dengan proses pengolahan data melalui tiga tahap, yaitu;
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran bahasa Arab terwujud
dari keselarasan komponen pembelajaran yang ada pada Departemen Sastra Asia Barat
dan terfokus pada tujuan yang bersifat pedagogis, komunikatif-integratif dan
instrumental. 2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat pencapaian perwujudan
pembelajaran bahasa Arab pada Departemen Sastra Asia Barat berasal dari seluruh
komponen pembelajaran bahasa Arab mulai dari Dosen, Mahasiswa, Alat (yang meliputi
kurikulum, metode dan media) dan Lingkungan pembelajarannya. 3) Pihak Departemen
Sastra Asia Barat terus melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
bahasa Arab demi terwujudnya realisasi dari tujuan pembelajaran yang telah ada. Upaya
tersebut diantaranya adalah, evaluasi terhadap tujuan pembelajaran dan sistem
pengelompokan, penambahan media dan bahan ajar, penciptaan aktifitas belajar yang
aktif, inovativ, kreatif, efektif dan menyenangkan, penguatan peranan mahasiswa sebagai
pelaku pembelajaran yang utama, merancang kurikulum, materi, metode, dan media
pembelajaran yang sesuai dengan abilitas mahasiswa dan melakukan peningkatan
kualitas dosen bahasa Arab.
Penelitian ini dapat menjadi sumber yang signifikan dalam memasok informasi
dan rekomendasi bagi Departemen Sastra Asia Barat di masa yang akan datang. Selain
itu, penelitian ini diharapkan menjadi acuan bagi Departemen Sastra Asia Barat Arab
dalam pengambilan kebijakan yang sesuai dengan visi dan misi pembelajaran bahasa
Arab agar dapat menjadi salah satu aset terbesar dan penting dalam memajukan nama
Universitas di masa yang akan datang.
Tidak tersedia versi lain