Text
TESIS: PENERAPAN SISTEM KLASIFIKASI DEWEY DECIMAL CLASSIFICATION DALAM PENGOLAHAN PUSTAKA DI SMA NEGERI 5 KABUPATEN SIDRAP
Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Sistem Klasifikasi
DDC dalam Pengolahan Pustaka di SMA Negeri 5 Sidrap? Pokok masalah tersebut
selanjutnya diketengahkan ke dalam beberapa submasalah atau pertanyaan penelitian,
yaitu: 1) Bagaimana penerapan sistem klasifikasi DDC dalam pengolahan bahan
pustaka di SMA Negeri 5 Kabupaten Sidrap ?, 2) Faktor-faktor apa yang
memengaruhi penerapan sistem klasifikasi DDC untuk pengolahan bahan pustaka di
SMA Negeri 5 Kabupaten Sidrap ?, dan 3) Bagaimana implikasi penerapan sistem
klasifikasi DDC dalam pengolahan bahan pustaka di SMA Negeri 5 Kabupaten
Sidrap ?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan
menggunakan pendekatan managerial, yuridis dan pedagodik. Sumber data dalam
penelitian ini yaitu sumber data primer yang terdiri dari pustakawan, bendahara dan
sumber data sekunder yang diperoleh dari referensi, baik berupa majalah, jurnal,
artikel dan berbagai hasil penelitian yang relevan. Instrumen penelitian ini
menggunakan panduan pedoman wawancara, dan dokumentasi. Metode
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun
teknik pengolahan dan analisis data melalui beberapa tahap yaitu, pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem klasifikasi DDC yang
digunakan di Perpustakaan SMA Negeri 5 Sidrap adalah sistem klasifikasi ringkasan
DDC cetak. Langkah yang dilakukan pustakawan dalam mengklasifikasi bahan
pustaka dengan menggunakan DDC tercetak yaitu:(1) Menentukan subjek dari judul,
kata pengantar, dan disiplin ilmu dari bahan pustaka, (2) menentukan notasi dari
judul atau kata pengantar dari setiap bahan pustaka. Faktor-faktor yang memengaruhi
penerapan sistem klasifikasi DDC di Perpustakaan SMA Negeri 5 Sidrap yakni
terkendala dari segi kebutuhan perangkat, dan tenaga pustakawan dalam pengolahan
bahan pustaka. Implikasi penerapan dalam mengklasifikasi bahan pustaka di
Perpustakaan SMA Negeri 5 Sidrap yaitu memudahkan mengetahui kekurangan
bahan pustaka di rak dan kerapihan bahan pustaka Serta memudahkan penelusuran
bahan pustaka. Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Petugas pengelola harus
menggunakan sistem klasifikasi edisi yang terbaru. 2) Menambah jumlah tenaga
pustakawan untuk pengolahan. 3) Memberikan fasilitas kebutuhan perangkat untuk
pengolahan. 4) Pengelola perpustakaan sebaiknya terus menjalin komunikasi yang
baik dengan kepala sekolah.
Kata Kunci: Sistem Klasifikasi DDC, Klasifikasi Bahan Pustaka
Tidak tersedia versi lain