Text
Tesis: Implementasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PDPB) Online di MAN 2 Model Makassar
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui konsep pelaksanaan
PPDB Online 2) Untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan PPDB Online di
MAN 2 Model Makassar 3) Untuk mengetahui capaian pelaksanaan PPDB Online
di MAN 2 Model Makassar.
Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan yuridis, pedagogis,
dan sosiologis. Adapun sumber data penelitian ini adalah ketua panitia dan
operator PPDB Online pusat serta ketua panitia dan operator PPDB Online MAN
2 Model Makassar. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan
menggunakan metode pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara,
dokumentasi, dan triangulasi. Lalu teknik pengolahan dan analisis data dilakukan
melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) PPDB sistem Online memiliki
konsep obyektifitas, transparansi, akuntabilitas, kompetitif, dan berkeadilan. 2)
Implementasi PPDB Online di MAN 2 Model Makassar terdapat beberapa tahap
yaitu a) tahap persiapan meliputi pembentukan panitia, menyiapkan peralatan dan
perlengkapan, menentukan daya tampung madrasah, syarat pendaftaran, syarat
verifikasi, mekanisme pendaftaran, waktu daftar ulang, dan
pengumuman/sosialisasi. b) tahap pengelolaan meliputi sumber daya manusia,
terkait pembentukan panitia, tugas panitia, dan menyiapkan operator, serta
peralatan dan perlengkapan, antara lain yaitu komputer/laptop, jaringan internet,
website PPDB sistem Online. c) tahap pelaksanaan antara lain pengajuan
pendaftaran, verifikasi pendaftaran, seleksi calon peserta didik, pengumuman hasil
seleksi, dan daftar ulang. d) tahap pengawasan yang dilakukan antara lain
melakukan pemantauan melalui website PPDB sistem Online dan monitoring ke
sekolah, e) tahap evaluasi antara lain evaluasi setiap hari dan evaluasi setelah
program selesai. 3) Faktor pendukung yaitu sudah mencukupinya peralatan dan
perlengkapan baik di dinas maupun sekolah, memiliki sumber daya manusia
(panitia) yang mampu mengoprasikan komputer, sudah banyaknya peserta didik
tingkat SMP yang paham mengggunakan komputer, Telkom menguatkan jaringan
internet saat pelaksanaan PPDB sistem Online. Faktor penghambat antara lain
yaitu beberapa sekolah yang tidak bisa menjangkau sistem Online khususnya
madrasah yang dari luar kota sehingga mereka ketinggalan informasi dan aplikasi
yang tidak mengakomodir lulusan dari luar daerah.
Implikasi penelitian ini ialah belum optimalnya pelaksanaan tes
keagamaan di madrasah. Adapun saran yaitu untuk pengelolaan sistem Online
mandiri (tes keagamaan) di madrasah, sebaiknya dikelola sebagaimana mestinya
yaitu dengan cara memberlakukan sistem ranking pada peserta didik yang
mendapatkan nilai tertinggi pada tes keagamaan. Selain itu, sebaiknya pilhan
sekolah tidak dibatasi hanya 2 pilihan saja karena kemungkinan untuk lulus sangat
kecil bahkan memungkinkan tidak lulus dalam 2 pilihan tersebut. Untuk aplikasi
sistem PPDB Online pada tahap verifikasi lebih diperbaharui lagi agar peserta
didik hanya datang ke sekolah tempat mereka lulus, jadi terkesan tidak
merepotkan.
Kata Kunci: Penerimaan Peserta Didik Baru, sistem Online.
Tidak tersedia versi lain