Text
Tesis: Pengaruh Aktivitas dan Motivasi Belajar terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMA Negeri 7 Makassar
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan aktivitas belajar
peserta didik di SMA Negeri 7 Makassar, (2) Mendeskripsikan motivasi belajar
peserta didik di SMA Negeri 7 Makassar, (3) Mendeskripsikan pembentukan
karakter religius di SMA Negeri 7 Makassar, (4) Menguji pengaruh aktivitas belajar
peserta didik terhadap pembentukan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 7
Makassa, (5) Menguji pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap
pembentukan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 7 Makassar, (6)
Menguji pengaruh aktivitas dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap
pembentukan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 7 Makassar.
Jenis Penelitian ini adalah ex post facto dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif. Populasi berjumlah 944, sampel 94 peserta didik, dengan teknik sampel
Proportionate Stratified Random Sampling. Instrument penelitian adalah angket,
observasi, dan dokumentasi, yang dianalisis dengan menggunakan statistik
deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji F.
Hasil penelitian adalah (1) Jumlah total nilai aktivitas peserta didik adalah
6485,00, (2) Jumlah total nilai motivasi peserta didik adalah 7238,00, (3) Jumlah
total nilai karakter religius peserta didik adalah 7369,00, (4) Aktivitas belajar
peserta didik berpengaruh terhadap pembentukan karakter religius peserta didik di
SMA Negeri 7 Makassar, (5) Motivasi belajar peserta didik berpengaruh terhadap
pembentukan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 7 Makassar (6)
Terdapat pengaruh aktivitas belajar secara bersama-sama dengan motivasi belajar
terhadap pembentukan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 7 Makassar.
Hal ini dilihat dari hasil analisis yaitu nilai t hitung variabel X1 lebih besar dari pada
nilai t tabel (10,233 > 2,364) dengan tingkat signifikan di bawah 0,05 yaitu 0,000.
Hasil analisis nilai t hitung variabel X2 lebih besar dari pada nilai t tabel (21,776 >
2,364) dengan tingkat signifikan dibawah 0,05 yaitu 0,000. Nilai signifikan F sebesar
0,000 (
Tidak tersedia versi lain