Text
Tesis: Pemanfaatan Multimedia dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran PAI di Madrasah Aliyah daarul Mu'min As'adiyah No 12 Doping Kecamatan Panreng Kab. Wajo
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemanfaatan multimedia pada
Madrasah Aliyah Daarul Mu’minin As’adiyah Doping Kecamatan Penrang
Kabupaten Wajo, dan mengambarkan upaya upaya mengembangkan minat belajar
peserta didik pada pembelajaran PAI di Madrasah Aliyah Daarul Mu’minin
As’adiyah No. 12 Doping Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo melalui pengunaan
multimedia,.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi
yaitu teologis, sosiologis, paedagogis sedangkan pendekatan metodologi meliputi
fenomenologi. Sumber data penelitian ini terdiri atas pengurus yayasan, kepala
Madrasah, kepala tata usaha, dan guru-guru Madrasah Aliyah Daarul Mu’minin
As’adiyah No. 12 Doping Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo, sebagai informan.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan, instrumen wawancara,
pedoman observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis/pengolahan data data kualitatif
menggunakan 3 tahapan yaitu 1) reduksi data, 2) display data, dan 3) pengambilan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemanfaatan Multimedia pada pada
MA. Daarul Mu’minin As’adiyah Doping Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo yaitu
menjadikan visualisasi lebih menarik dalam pembelajaran pada Madrasah Aliyah
Daarul Mu’minin As’adiyah No 12 Doping Kabupaten Wajo. ICT dalam hal ini
komputer dengan dukungan multimedia dapat menyajikan sebuah tampilan berupa
teks non sekuensial, nonlinear, dan multidimensional dengan percabangan tautan dan
simpul secara interaktif; adapun upaya mengembangkan minat belajar peserta didik
pada pembelajaran PAI pada MA Daarul Mu’minin As’adiyah No. 12 Doping
Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo melalui Pengunaan Multimedia yaitu; pertama,
meningkatkan sumberdaya guru, kedua, membantu guru secara efektif dan efisien
dalam melakukan persiapan mengajar yaitu pembuatan alat peraga, display, LKS;
Ketiga, tekun belajar terus menerus, tidak pernah berhenti sebelum selesai, Ulet
menghadapi kesulitan, Lebih senang bekerja mandiri, Tidak mudah melepaskan hal
yang diyakini itu, Senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal dan percaya
diri.
Implikasi penelitian ini yaitu dalam penggunakan Multimedia pada Pembelajaran
PAI dalam meningkatkan minat peserta didik di MA. Daarul Mu’minin As’adiyahxii
Doping Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo maka perlu diintensifkan kegiatan
pendidikan dan pelatihan baik secara kualitas maupun kuantitas dalam penunaan
media, dan perlu terus-menerus dimotivasi dan difasilitasi untuk dapat berpartisipasi
di dalamnya. Untuk membangkitkan semangat kompetisi dikalangan guru MA.
Daarul Mu’minin As’adiyah Doping Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo dan semua
stakeholders melalui moment perlombaan untuk kalangan guru secara berjenjang,
bahkan bila memungkinkan bisa diikutsertakan pada tingkat yang lebih tinggi,
bentuk-bentuk perlombaan yang mencerminkan kemampuan profesional guru dalam
pengunaan multi media.
Tidak tersedia versi lain