Text
Disertasi: Implementasi Evaluasi Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri Kota Palu
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji mekanisme pelaksanaan evaluasi
kinerja guru PAI di SMAN Kota Palu, menganalisis kualitas kinerja guru PAI dalam
menjalankan tugasnya sebagai pelaksana pembelajaran, menggambarkan ketercapaian
target evaluasi kinerja guru PAI di SMAN Kota Palu.
Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif dengan
menggunakan pendekatan positivistik. Sumber data primer penelitian ini yaitu
pengawas, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru PAI, dan
sumber data sekunder yang menyangkut dokumen penunjang penelitian tentang
evaluasi kinerja guru PAI. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi,
pedoman wawancara, dan check list dokumentasi. Metode pengumpulan data yaitu
observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis
datanya melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian bahwa Pertama, Mekanisme pelaksanaan evaluasi kinerja
guru PAI di SMAN Kota Palu melalui tiga tahap; Tahap sebelum pengamatan;
diadakan rapat oleh Kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru senior, disusun
kepanitiaan, pembiayaan dari dana BOS, menetapkan jadwal pelaksanaan dan
penentuan penilai, disosialisasikan instrumen penilaian. Tahap selama pengamatan;
penilai mengumpulkan dokumen pendukung dan mendiskusikan pelaksanaan
evaluasi kinerja guru, mencatat semua hasil pengamatan dari proses pembelajaran
baik di dalam dan di luar kelas, Tahap setelah pengamatan; penilai dan yang dinilai
mengklarifikasi pada aspek yang diragukan, dan mencatat hasil pertemuan pada
format laporan evaluasi setiap kompetensi, serta memberitahukan hasil penilaian,
guru menandatangani catatan fakta karena menyetujui hasil evaluasi, selanjutnya
menyusun laporan penilaian kinerja guru PAI. Kedua, kualitas kinerja guru PAI pada
kompetensi pedagogik sudah termasuk baik karena sudah ada upaya untuk
mempersipakan diri sebelum melakukan kegiatan pembelajaran walaupun tingkat
pemahaman wawasan kependidikan yang mereka miliki belum semuanya mencapai
kategori baik, Ketiga, ketercapaian target evaluasi kinerja guru PAI pada aspek
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran masuk dalam kategori baik.
Betapapun pentingnya penilaian kinerja guru bagi peningkatan mutu
pendidikan, akan tetapi tetap hanya merupakan konsep dan bahkan slogan, apabila
tidak diterapkan secara konsisten dan berkelanjutan di sekolah. Dalam pelaksanaan
penilaian kinerja di sekolah ini dibutuhkan guru PAI yang profesional yang
menguasai metode penilaian tersebut, menyadari pentingnya penilaian kinerja danxviii
memiliki komitmen untuk memajukan pendidikan. Oleh karena itu perlu peningkatan
kesadaran, kemauan dan kemampuan guru untuk melaksanakan penilaian kinerja
dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kepada Kementerian Agama dan
pihak sekolah untuk membuat rambu-rambu penilaian kinerja guru secara obyektif.
Tidak tersedia versi lain