Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PADA PERGURUAN TINGGI
(Studi Kasus terhadap Dosen PAI pada Universitas Negeri Makassar)
Penanda Bagikan

Text

TESIS: MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus terhadap Dosen PAI pada Universitas Negeri Makassar)

AMRI RAHMAN - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) memberikan gambaran tentang
pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di Universitas Negeri
Makassar, 2) memberikan gambaran tentang implementasi fungsi-fungsi
manajemen pembelajaran oleh dosen Pendidikan Agama Islam di Universitas
Negeri Makassar sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang
menelorkan tenaga-tenaga kependidikan. Majanemen pembelajaran yang akan
dibahas mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi
pembelajaran.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Adapun yang menjadi
informan dalam penelitian ini adalah dosen Pendidikan Agama Islam yang
memiliki kapasitas/peran yang penting dalam pelaksanaan pembelajaran PAI
di UNM. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah dengan
melakukan pengamatan (observasi), wawancara dan studi kepustakaan.
Sedangkan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah
Pedoman wawancara teori-teori manajemen pembelajaran untuk melakukan
observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui langkah-langkah
sebagai berikut, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan pengambilan
kesimpulan dengan mempergunakan metode induktif, deduktif, dan
komparatif. Sedangkan pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini,
antara lain: pendekatan sosiologis, pendekatan psikologis, pendekatan
filosofis, dan pendekatan manajerial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara umum pelaksanaan
pembelajaran pendidikan agama Islam di Uiversitas Negeri Makassar telah
berjalan dengan baik, tetapi masih perlu ditingkatkan, (2) dosen pendidikan
agama Islam Universitas Negeri Makassar tidak melaksanakan fungsi-fungsi
manajemen secara maksimal, (3) untuk meningkatkan pelaksanaanix
pembelajaran PAI perlu adanya dukungan materil dan moril dari pihak
pimpinan lembaga termasuk penyediaan sarana.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI RUANG PERPUSTAKAAN PASCA) 2X7
JHKGH
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2007
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?