Text
TESIS:Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Akademi Keperawatan Muhammadiyah Makassar.
Permasalahan yang diangkat dalam tesis ini yaitu pertama, problematika
pembelajaran bahasa Arab dari aspek linguistik yang meliputi problema fonologi,
morfologi, sintaksis dan semantik. Kemudian masalah kedua adalah metode-metode
pengajaran bahasa Arab yang diterapkan oleh dosen bahasa Arab dan sejauh mana
keefektifannya.
Untuk mengkaji dan menjawab permasalahan dalam tesis ini, digunakan dua
pendekatan yaitu pendekatan linguistik dan pendekatan metodologis. Pendekatan
linguistik digunakan untuk memperoleh data tentang problematika dalam bidangbidang linguistik yaitu: fonologi, morfologi, sintaksis dan semantik. Sedangkan
pendekatan metodologis digunakan untuk data yang berkaitan dengan metode
pengajaran yang digunakan oleh dosen bahasa Arab di Akademi Keperawatan
Muhammadiyah Makassar. Penelitian ini tergolong field research, data dikumpulkan
dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan
untuk data yang bersifat teoritis digunakan kepustakaan sebagai sumber teoritik
untuk mengklasifikasikan konsep teoritis yang berkaitan dengan problematika
pembelajaran bahasa Arab.
Setelah mengadakan penelitian terhadap persoalan tersebut di atas, penulis
menemukan bahwa dari aspek fonologi mahasiswa Akademi Keperawatan
Muhammadiyah Makassar kesulitan dalam membedakan bunyi-bunyi fonem bahasa
Arab khususnya huruf-huruf yang hampir sama makhra>jnya. Dari aspek morfologi,
problemnya mengenai isytiqa>q, tasri>f dan mufradha>t, dalam masalah isytiqa>q para
mahasiswa sulit menguraikan proses pembentukan kata ke bentuk lain dan dalam
masalah tasri>f dan mufradha>t pada umumnya mereka mengalami keterbatasan
sehingga konsekuensinya mereka sulit dalam hal isytiqaq. Dari aspek sintaksis,
problemnya mengenai jabatan-jabatan isim dalam kalimat dan tanda-tanda i’ra>b,
pemahaman mereka sangat terbatas sehingga kesulitan dalam hal pembentukan
penyusunan kalimat secara benar. Dari aspek semantik, problemnya mengenai
macam-macam makna kata yang tepat dalam suatu kalimat, sehingga para
mahasiswa mengalami kesulitan dalam menerjemahkan kata secara tepat dalam
suatu konteks kalimat. Dalam masalahh metodologis, para mahasiswa mengalami
kesan bahwa tidak semua metode yang diterapkan dosen efektif dan efisien dalam
proses pembelajaran bahasa Arab, sehingga konsekuensinya sebagian mahasiswa
merasa tidak termotivasi untuk menerima dan mempelajari bahasa Arab.
Tidak tersedia versi lain