Text
TESIS:PENGEMBANGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) MODEL MAKASSAR (Studi tentang Teori Motivasi Pembelajaran)
Penelitian ini berusaha menggambarkan motivasi belajar bahasa Arab siswa
di MTsN Model Makassar dan pengembangannya, mengemukakan faktor-faktor
yang mempengaruhi baik mendukung maupun faktor yang menghambat proses
pengembangan motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab serta strategi
pengembangan motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di MTsN Model
Makassar.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif-deskriptif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk memahami fenomena
yang dialami oleh subjek penelitian yang mencakup gambaran motivasi dalam
belajar bahasa Arab, faktor yang mempengaruhi timbulnya motivasi dan usaha serta
strategi guru-guru bahasa Arab MTsN dalam meningkatkan motivasi siswa belajar
bahasa Arab. Sedangkan jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian lapangan.
Sumber datanya adalah siswa, guru bahasa Arab, Kepala Sekolah MTsN Model
Makassar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang
mempengaruhi motivasi siswa belajar bahasa Arab. Faktor tersebut yang mendukung
pengembangan motivasi, meliputi: minat, intelegensi dan motivasi siswa, dukungan
Kepala Sekolah, guru bahasa Arab yang profesional, perpustakaan dan dorongan
orang tua. Sedangkan faktor penghambat meliputi: latar belakang siswa, jam
pelajaran terbatas, pelajaran yang diletakkan pada jam terakhir dan pengaruh
lingkungan; lingkungan masyarakat dan media internet. Usaha-usaha guru dalam
mengembangkan motivasi siswa belajar bahasa Arab adalah memberikan
pemahaman pentingnya pemahaman bahasa Arab dalam rangka melaksanakan ajaran
Islam, teknik menyanyikan bahan ajar, pemberian hadiah dan sanksi, tidak
membebani siswa dengan materi yang banyak, kadang-kadang penggunaan CD dan
VCD dalam belajar, menggunakan metode mubasyarah dan latihan muhadasah serta
pidato bahasa Arab.
Tidak tersedia versi lain