Text
TESIS:Problematika Pembelajaran bahasa Arab di MTs Ponpes DDI Takkalasi Kabupaten Barru (studi wacana terhadap kitab Fasih Berbahasa Arab)
Ada tiga persoalan yang dikaji dalam tesis ini, yakni tentang: bagaimana
gambaran penggunaan kitab Fasih Berbahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab
di MTs Ponpes DDI Takkalasi kabupaten Barru, bagaimana problematika
pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan kitab Fasih Berbahasa Arab pada
santri di MTs Ponpes DDI Takkalasi kabupaten Barru serta bagaimana solusi dari
problematika penggunaan kitab Fasih Berbahasa Arab dalam pembelajaran bahasa
Arab di MTs Ponpes DDI Takkalasi kabupaten Barru?.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut secara mendalam dan
menyeluruh, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan lokasi penelitian
MTs Ponpes DDI Takkalasi kabupaten Barru. Adapun pendekatan penelitian yang
dipergunakan peneliti adalah: linguistik, pedagogis, psikologis dan sosiologis dengan
dua sumber data yaitu: kepustakaan dan lapangan. Selanjutnya untuk pengumpulan
data, peneliti menggunakan teknik observasi, interviu dan dokumentasi, dengan
teknik dan analisa data kualitatif yang berbentuk deduktif dan induktif.
Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa: penggunaan kitab Fasih
Berbahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Ponpes DDI Takkalasi
tergolong baik dan efisien. Dalam proses pembelajaran bahasa Arab dengan
menggunakan kitab Fasih Berbahasa Arab ditemukan problematika atau kesulitan–
kesulitan khususnya pada materi ajar pada kitab tersebut, diantara problematika itu
adalah: jumlah mufrada>t belum mencukupi ketentuan Standar Isi bahasa Arab pada
MTs, sejumlah mufrada>t yang tidak lazim bagi siswa MTs, materi istima>’,
muh{a>das\ah dan qira>’ah yang terlalu panjang, perulangan tarki>b yang tidak perlu,
banyaknya kesalahan tulisan serta kesalahan dalam kaidah (tata bahasa) dalam setiap
unit pembahasan, tidak ada petunjuk pengajaran fonetik dan kita>bah bagi pemula dan
latihan kitabah yang terlalu banyak.
Tidak tersedia versi lain