Text
TESIS:Pengaruh Penerapan Teori Operant Conditioning dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Peningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Palopo
Tesis ini berjudul Pengaruh Penerapan Teori Operant Conditioning dalam
Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Peningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik
Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Palopo. Berdasarkan judul tersebut,
penulisan tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teori operant
conditioning dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas X Madrasah Aliyah Negeri
Palopo dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan teori operant
conditioning terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik.
Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian eksperimen yang terdiri dari
dua kelompok. Salah satu kelompok sebagai kelompok eksperimen (yang dikenai
perlakuan) dan satunya sebagai kelompok kontrol (pembanding). Untuk mencapai
tujuan sebagaimana tersebut di atas, peneliti melakukan penelitan dengan
menggunakan pendekatan, yaitu pendekatan pedagogis, pendekatan psikologis dan
pendekat filosofis dan pendekatan teologis normatif. Data dikumpulkan melalui
teknik observasi, teknik wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Data dari peserta
didik diperoleh dengan menggunakan angket atau kuisioner dengan teknik analisis
data menggunakan rumus Pearson Product Moment yang bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara variabel bebas yang dilambangkan dengan (X) dan
variabel terikat yang dilambangkan dengan (Y).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan penerapan teori operant
conditioning dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas X Madrasah Aliyah Negeri
dengan cara: menyiapkan materi pembelajaran, memberikan contoh cara pengucapan
tiap-tiap kalimat dan kata yang terdapat dalam materi percakapan yang kemudian di
ikuti oleh seluruh peserta didik, Tahap praktek dan penilaian. Pada tahap ini peserta
didik berdiri berpasangan mempraktekkan materi yang telah dipelajari serta
megulang-ulang materi percakapan dengan suara lantang. Pada Pada tahap praktek
inilah dilakukan penerapan teori operant conditioning. Setiap perilaku positif yang
dilakukan oleh peserta didik akan memperoleh reinforcement (penguatan). 2)
Gambaran kondisi motivasi belajar bahasa Arab peserta didik cukup baik setelah
diterapkannya teori operant conditioning 3)Penerapan teori operant conditioning
berdampak signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik. Selain itu,
terdapat perbedaan hasil motivasi belajar antara kelas yang menerapan teori operant
conditioning dalam pembelajaran dangan kelas yang tidak menerapkan.
Tidak tersedia versi lain