Text
TESIS:Efektivitas Penerapan Metode Permainan Edukatif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa MTs Darul Muttaqin Maccopa Maros
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan untuk menjawab
permasalahan tentang efektivitas penerapan metode permainan edukatif dalam
meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa MTs Darul Muttaqin Maccopa
Maros dengan permasalahan 1). Apakah terdapat perbedaan prestasi belajar bahasa
Arab ketika menerapkan metode permainan edukatif pada siswa kelas VII MTs
Darul Muttaqin Maccopa di Maros? 2). Apakah terdapat perbedaan prestasi belajar
bahasa Arab ketika menerapkan metode tradisional pada siswa MTs Darul Muttaqin
Maccopa Maros? 3). Apakah penerapan metode permainan edukatif efektif dalam
meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab dibandingkan metode tradisional pada
siswa kelas VII MTs. Darul Muttaqin Maccopa di Maros?
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MTs Darul
Muttaqin Maccopa Maros. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah tes hasil
belajar. Instrumen utama tersebut didukung oleh instrumen lain yaitu format
dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik MTs Darul Mutttaqin
Maccopa Maros yang berjumlah 60 orang. Dari 4 kelas tersebut dipilih dua kelas
sebagai sampel yaitu kelas VIIA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIB
sebagai kelompok kontrol. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu Purposive
Sampling.
Hasil penelitian yang diperoleh menunujukkan bahwa metode permainan
edukatif efektif dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa MTs Darul
Muttaqin Maccopa Maros. Ini berdasarkan hasil pre-test kelompok eksperimen
adalah 56,4 dan post test 78,93. Sedangkan pre-test pada kelompok kontrol adalah
55,87 dan post-test 66,13. Sesuai dengan tabel penilaian acuan yang dipakai di
sekolah MTs Darul Muttaqin Maccopa Maros, maka dapat dilihat hasil belajar dari
nilai rata-rata pada kelompok eksperimen adalah 78,93 berada pada kategori baik
sekali sedangkan pada kelompok kontrol adalah 66,13 berada pada kategori baik.
Setelah dianalisis data, nilai sebesar 3,20 sedangkan nilai sebesar
2,048 pada taraf signifikasi dengan dk = 28 adalah 2,048. Hasil analisis
tersebut menunjukkan bahwa bila lebih kecil dengan , maka
diterima yaitu (3,20 2,048). diterima dan ditolak. Dengan demikian
hipotesis yang telah diajukan terbukti, yaitu penerapan metdode permainan edukatifxvii
efektif efektif dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa MTs Darul
Muttaqin Maccopa Maros.
Implikasi dari enelitian ini adalah diharapkan kepada para pendidik bahasa
Arab bisa mengupayakan dan menerapkan metode permainan edukatif dalam proses
pembelajaran bahasa Arab agar semangat dan minat belajar bahasa Arab para peserta
didik makin meningkat. Permainan merupakan bagian dari aktivitas atau cara untuk
menciptakan metode kreatif yang tidak hanya memudahkan peserta didik dalam
memahami dan menyerap materi, akan tetapi dapat menambah motivasi mereka
dalam mempelajari bahasa Arab. Penerapan metode permainan ini membutuhkan
persiapan yang matang sebelum diterapkan. Oleh karena itu pendidik harus mampu
berkreasi dan menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran sebelum pembelajaran
berlangsung
Tidak tersedia versi lain