Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Sistem Pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Sultan Amai Gorontalo
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Sistem Pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Sultan Amai Gorontalo

Musdelifa Abu Samad - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang sistem pembelajaran
bahasa Arab di IAIN Sultan Amai Gorontalo. Dengan sub masalah yang dibahas ada
empat, yaitu: 1) bagaimana kondisi objektif pendidikan dan pengajaran di IAIN
Sultan Amai Gorontalo, 2) bagaimana sistem pembelajaran bahasa Arab program
matrikulasi yang dijalankan di IAIN Sultan Amai Gorontalo, 3) bagaimana sistem
pembelajaran bahasa Arab program reguler yang dijalankan di IAIN Sultan Amai
Gorontalo, 4) bagaimana faktor pendukung dan penghambat sistem pembelajaran
bahasa Arab di IAIN Sultan Amai Gorontalo? Dan bagaimana solusinya?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dalam bentuk
penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan multidisipliner yang meliputi
antara lain: pendekatan pedagogis, teologis normatif, yuridis, sosiologis, psikologis.
Instrumen utama yang dipakai dalam pengumpulan datanya adalah: observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diedit dan
diklasifikasi menurut macamnya, kemudian dikoreksi satu persatu melalui diskusi
dengan para informan atau nara sumber guna menyederhanakan data yang
kompleks dan banyak agar mudah dipahami makna dan kaitannya satu dengan
yang lain sehingga bisa menjawab masalah yang diteliti. Setelah itu barulah
dideskripsikan sebagai temuan dalam laporan penelitian.
Adapun hasil penelitian ini mengemukakan bahwa pelaksanaan pendidikan
dan pengajaran di IAIN terpusat di dua tempat, yaitu Kampus I di wilayah kota
Gorontalo dan Kampus 2 di Kabupaten Gorontalo. Kurikulum yang digunakan
mengacu pada kurikulum 1997 dan 2004 yang telah disempurnakan pada tahun 2009.
Dari segi fasilitas belajar mengajar IAIN sudah cukup memadai untuk
berlangsungnya KBM dengan efektif dan nyaman. Adapun sistem pembelajaran
bahasa Arab di IAIN Sultan Amai Gorontalo dilaksanakan dengan dua pola.
Pertama, program matrikulasi yakni program pembelajaran bahasa Arab non SKS
yang dijalankan oleh Pusat Bahasa dan Budaya (PBB) yang juga diperuntukkan bagi
mahasiswa yang masih semester I dan II. Program matrikulasi belum dilengkapi
dengan acuan kurikulum, silabi, dan buku panduan yang baku, materi ajarnya
sifatnya tentatif/berubah-ubah sesuai kebijakan pengelola setiap tahunnya, model
pembelajarannya dirancang secara serempak pada hari dan jam yang sama pada
setiap kelas, tidak dibolehkan adanya penggeseran jam atau hari mengajar oleh
dosen, program matrikulasi juga tidak menjadikan kelas sebagai satu-satunya pusat
belajar. Kedua, program bahasa Arab reguler berbasis SKS yang dijalankan oleh tiap
prodi dalam bentuk matakuliah. format pelaksanaannya lebih dinamis baik dari segi
waktu, materi, teknik, dosen pengajar, serta pengalaman belajar yang dapatxvi
dirasakan oleh mahasiswa. Pengampu matakuliah dalam jadwal perkuliahan bahasa
Arab di tiap kelas umumnya diformat dalam bentuk team teaching atau dosen tim,
sehingga tidak menutup kemungkinan pada satu kelas ada dua dosen yang memberi
materi secara bergantian. Penamaan matakuliahnyapun bervariasi, tapi umumnya
memakai nama matakuliah bahasa Arab 1 dan 2 dengan bobot 3 SKS/ matakuliah/
semester, dengan jumlah tatap muka 14 sampai 16 kali pertemuan dengan durasi
selama 135 menit/pertemuan. Adapun faktor-faktor yang menghambat adalah: media
pembelajaran bahasa Arab masih kurang memadai, matrikulasi belum dijadikan
sebagai prasyarat kesarjanaan mahasiswa, kemamapuan baca tulis Al-Qur’an
mayoritas masih sangat lemah, rendahnya animo kehadiran dan minat belajar
mahasiswa terhadap pembelajaran bahasa Arab. Solusinya: menetapan matrikulasi
sebagai prasyarat kesarjanaan,membuat kurikulum baku, dan menyeragamkan model
dan materi ajar.
Adapun implikasi penelitian ini perlunya pihak lembaga memaksimalkan
peran lembaga PBB sehingga tidak hanya terbatas pada pelaksanaan matrikulasi
seperti yang ada sekarang ini, tetapi juga diserahkan untuk mengelola matakuliah
bahasa Arab guna menyatukan sistem, metode dan hasil pembelajarannya secara
terukur, kemudian memberi dukungan penuh baik dalam bentuk kebijakan akademik
maupun dalam bentuk dukungan finansial, sehingga dapat memaksimalkan
kegiatannya dalam hal peningkatan mutu peserta didik dan bertanggungjawab secara
kelembagaan dalam menjamin kualitas dan kemampuan berbahasa Arab di IAIN.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 492
80100209094
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
492
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN BAHASA ARAB., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
492
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?