Text
TESIS:Implikasi Etos Kerja Guru Bahasa Arab terhadap Prestasi Belajar Siswa pada MAN 2 Model Makassar
Tesis ini membahas tentang implikasi etos kerja guru bahasa Arab terhadap
prestasi belajar siswa pada MAN 2 Model Makassar dengan submasalahnya yaitu:
bagaimana gambaran etos kerja guru bahasa Arab pada MAN 2 Model Makassar,
bagaimana gambaran prestasi belajar bahasa Arab siswa MAN 2 Model Makassar,
bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi etos kerja guru bahasa Arab pada
MAN 2 Model Makassar, dan bagaimana kontribusi etos kerja guru bahasa Arab
terhadap prestasi belajar siswa pada MAN 2 Model Makassar.
Berdasarkan pokok permasalahan, maka penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner
(angket), dokumentasi, wawancara, dan observasi. Penetapan sampel dilakukan
dengan teknik sampling jenuh dan teknik stratified random sampling. Teknik
analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dengan rumus
persentase dan product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat etos kerja guru bahasa Arab
MAN 2 Model Makassar berada pada kategori baik dengan skor 367,78 (81,76%).
Tingkat prestasi belajar bahasa Arab siswa MAN 2 Model Makassar juga pada
kategori baik dengan rata-rata 78,58. Faktor-faktor yang mempengaruhi etos kerja
guru semuanya bersifat positif. Adapun kontribusi etos kerja guru bahasa Arab
menunjukkan tingkat kontribusi yang kuat dengan skor 0,74.
Dari hasil penelitian, diharapkan kepada guru untuk lebih meningkatkan lagi
etos kerjanya khususnya kemampuan mengajar, menggunakan metode dan media.
Diharapkan juga kepada kepala sekolah/madrasah dan pemerintah untuk lebih memperhatikan dan mengapresiasi prestasi guru sehingga menjadi motivasi bagi guruguru dalam mengajar, dan bagi para peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengkaji
lebih dalam mengenai bagaimana cara meningkatkan etos kerja guru, khususnya
guru bahasa Arab.
Tidak tersedia versi lain