Text
TESIS:Problematika Pembelajaran Bahasa Arab dengan Sistem alNaz}ariyyah al-Wih}dah di Madrasah Aliyah Madani Paopao Kab. Gowa
Masalah pokok yang dibahas dalam tesis ini adalah problematika
pembelajaran bahasa Arab dengan sistem al-Naz}ariyyah al-Wih}dah yang dialami
oleh guru dan peserta didik di Madrasah Aliyah Madani Paopao Kab. Gowa.
Kemudian dikembangkan menjadi tiga sub masalah, yaitu: bagaimana gambaran
pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan sistem al-Naz}ariyyah al-Wih}dah di
MA Madani Paopao, bagaimana bentuk problematika pembelajaran bahasa Arab
dengan sistem al-Naz}ariyyah al-Wih}dah di MA Madani Paopao, dan bagaimana
upaya–upaya yang dilakukan oleh guru bahasa Arab dalam mengatasi problematika
pembelajaran bahasa Arab dengan sistem al-Naz }ariyyah al-Wih}dah di MA Madani
Paopao.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan linguistik,
pedagogis, psikologis dan sosiologis. Peneliti menggunakan sumber data dan dua
jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Dalam metode pengumpulan data,
peneliti melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi serta penelusuran
referensi. Analisis datanya dimulai dengan mereduksi data, menyajikan data dan
menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa
Arab di Madrasah Aliyah Madani Paopao Kab. Gowa berjalan dengan baik, meski
belum maksimal. Hal ini terjadi karena terdapat beberapa problematika.
Problematika yang dimaksud adalah problematika pembelajaran dari aspek linguistik
yang meliputi fonologi, sintaksis, dan morfologi. Adapun aspek nonlinguistik
meliputi masalah pendidik, motivasi peserta didik, masalah metodologi, materi ajar,
faktor penunjang dan lingkungan sosial. Untuk mengatasi problematika ini, langkah
yang dilakukan adalah mengenal masalah yang ada kemudian ditempuh beberapa
langkah efektif dengan melibatkan unsur-unsur yang terkait di Madrasah Aliyah
Madani Paopao Kab. Gowa, terutama pendidik bahasa Arab.
Implikasi dari penelitian ini menuntut kepada para pendidik agar bisa
mengupayakan dan meningkatkan kualiatas pembelajaran bahasa Arab dengan
meningkatkan mutu dan memotivasi peserta didik untuk belajar bahasa Arab.
Tidak tersedia versi lain