Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:MINAT SISWA MADRASAH ALIYAH
PONDOK PESANTREN AL-IKHLAS UJUNG-BONE
TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Penanda Bagikan

Text

TESIS:MINAT SISWA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL-IKHLAS UJUNG-BONE TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Budiman M - Nama Orang;

Judul pokok penelitian ini adalah minat siswa Madrasah Aliyah Pondok
Pesantren al-Ikhlas Ujung terhadap pembelajaran bahasa Arab. Judul pokok ini
dikembangkan dalam 3 (tiga) submasalah, dan sekaligus menjadi tujuan penelitian
ini yakni; untuk mengetahui pembelajaran bahasa Arab, minat siswa terhadap
pelajaran bahasa Arab dan upaya guru menumbuhkan dan mengembangkan minat
siswa dalam proses pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah al-Ikhlas UjungBone.
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah al-Ikhlas Ujung-Bone. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologis, pendekatan pedagogis
dan pendekatan psikologis. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen angket
yang dibuat oleh peneliti secara saksama, angket tersebut diberikan kepada
responden yang berjumlah 62 siswa dari jumlah populasi 231 siswa. Selain instrumen
angket, juga menggunakan pedoman wawancara dan observasi. Pengumpulan data
selain penggunaan angket juga didukung oleh teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan 3 (tahap) yaitu editing,
koding dan tabulating. Dalam analisis data tentang minat, peneliti menggunakan
analisis deskriptif kuantitatif. Data tentang pembelajaran bahasa Arab dan upaya
menumbuhkan dan meningkatkan minat siswa, dianalisa dengan menggunakan
tehnik analisis data non-statistik.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, proses pembelajaran bahasa
berlangsung dengan baik. Hal tersebut terlihat pada guru yang mampu menggunakan
metodologi pembelajaran dengan baik, meliputi metode dan materi pembelajaran
yang variatif, materi pembelajaran tidak terpaku pada teks buku paket siswa,
menciptakan suasana yang humoris sehingga siswa tidak terlalu tegang dalam
belajarnya. Pembelajaran yang baik tersebut membuat siswa tertarik dan senangxviii
dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab di dalam kelas. Adapun minat siswa
sendiri menunjukkan minat yang tinggi terhadap pembelajaran bahasa Arab. Hal itu
terungkap melalui banyaknya pernyataan siswa yang ‚sangat setuju‛ dan ‚setuju‛
terhadap 22 item pernyataan indikator minat. Jumlah pernyataan siswa yang sangat
setuju dan setuju dalam setiap itemnya menunjukkan persentase antara (66,1%)
sampai (95,2%) dari 62 responden. Adapun upaya guru untuk menumbuhkan dan
mengembangkan minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab adalah melakukan
variasi metodologi dalam pembelajaran bahasa Arab, membudayakan komunikasi
berbahasa Arab ketika menjelaskan dalam kelas, penjelasan materi yang mudah
dimengerti oleh siswa dan pemberian motivasi.
Implikasi dari penelitian diharapkan adanya upaya proses pembelajaran
bahasa Arab yang diselenggarakan di Madrasah Aliyah perlu menjaga kontiunitas
penggunaan metodologi pembelajaran yang lebih variatif. Oleh karena itu, yayasan
dan para tenaga kependidikan harus memberikan kontribusi yang memadai. Serta
guru perlu lebih jeli lagi mengembangkan metodologi pembelajaran yang dapat
mengembangkan minat siswa dalam belajar bahasa Arab.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 492
80100210023
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
492
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN BAHASA ARAB., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
492
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?